Pj Bupati Lombok Timur apresiasi peran ponpes dalam majukan pendidikan

id Lombok Timur ,NTB,Bank Mandiri ,Ponpes

Pj Bupati Lombok Timur apresiasi peran ponpes dalam majukan pendidikan

Pj Bupati Lombok Timur, Provinsi NTB, Muhammad Juaini Taofik saat meresmikan pembangunan sarana air bersih bagi pondok pesantren di daerah setempat, Rabu (16/10/2024). ANTARA/HO-Humas Pemkab Lombok Timur

Mataram (ANTARA) - Penjabat (Pj) Bupati Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB), Muhammad Juaini Taofik mengapresiasi peran pondok pesantren (ponpes) dalam memajukan pendidikan dan mendukung peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

"Peran pendidikan mampu menjadi jaminan kesejahteraan masyarakat di tingkat desa bahkan negara," kata Muhammad Juani Taofik saat acara peresmian sarana air bersih di Yayasan Fathul Muin Annahdloh (Yafama) NW Montong Tangi, Lombok Timur, Rabu.

Di hadapan santri dan warga setempat, Pj Bupati secara khusus memuji keberhasilan ponpes tersebut yang berhasil membangun di tengah keterbatasan yang dimiliki.

"Kami sangat mengapresiasi keberhasilan yayasan dalam membangun dan meningkatkan SDM di tengah kompleksnya keterbatasan yang dimiliki yayasan Fathul Muin NW," katanya.

Pj Bupati berharap ke depan dengan dukungan ponpes IPM Lombok Timur dapat semakin meningkat.

"Ponpes memiliki semangat dan diyakini dapat mengoptimalkan potensi yang ada," katanya.

Ia juga menyampaikan apresiasi kepada BUMN Bank Mandiri yang telah mengalokasikan dana "Corporate Social Responsibility (CSR)" untuk membangun sarana air bersih bagi ponpes dan masyarakat sekitarnya.

Sementara itu, Kepala Cabang Bank Mandiri KCP Lombok Sakra, Lombok Timur I Gusti Made Widia Meindra mengatakan melalui program ini diharapkan sarana air bersih tersebut bermanfaat bagi peningkatan kualitas pendidikan dan kesejahteraan warga ponpes maupun masyarakat sekitar.

"Semoga sarana air bersih ini bisa bermanfaat dan dimanfaatkan dengan baik untuk mendukung peningkatan pendidikan dan kesejahteraan yayasan dan masyarakat," katanya.

Selain berupa CSR, Bank Mandiri juga siap mendukung UMKM dengan bantuan permodalan usaha dengan menyalurkan Kredit Usaha Rakyat.

"Kami juga menyalurkan dana KUR untuk mendukung peningkatan ekonomi masyarakat," katanya.

Sebelumnya, Ketua Yayasan Fathul Muin Annahdloh NW Montong Tangi Hasanah Efendi juga menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Bank Mandiri telah memberikan bantuan sarana air bersih untuk masyarakat yang lokasinya di dalam komplek yayasan.

"Alhamdulillah dan terima masih kepada Bank Mandiri atas program sarana air bersih yang sangat dibutuhkan masyarakat dan keluarga pondok," katanya.