Dua sahabat bertempur untuk menjadi yang terbaik di Piala Afrika

id piala afrika,dua sahabat,Aliou Cisse,Djamel Belmadi,Africa Cup,Piala Afrika,di Kairo,Kairo Mesir,Antara,Antaranews NTB,Antara NTB

Dua sahabat bertempur untuk menjadi yang terbaik di Piala Afrika

Penyerang Aljazair Riyad Mahrez untuk kedua kalinya dalam Piala Afrika 2019 harus duel dengan bek Senegal Cheikhou Kouyate . Namun berbeda kali ini, mereka bertarung untuk memperebutkan juara dalam final Piala Afrika 2019. (AFP)

Mataram (ANTARA) -  Mereka lahir berselisih satu hari, dibesarkan di kota yang sama dan menikmati karir bermain yang megah. Tetapi walaupun kedua orang bernama Aliou Cisse dan Djamel Belmadi ini sama-sama sukses sebagai pelatih, hanya satu di antara mereka yang akan bernasib baik mengangkat trofi Piala Afrika atau Africa Cup of Nations di Kairo, Sabtu dini hari lusa.

Cisse lahir pada 24 Maret 1976 di Senegal, sedangkan rekannya dari Aljazair itu tiba ke dunia sehari kemudian di Champigny-sur-Marne. Di sudut kota Paris ini pula, di mana Cisse pindah ke sana pada usia sembilan tahun, nasib kedua orang ini dibentuk.

"Dia kenalan lama. Saya katakan itu dengan kecintaan besar," kata Belmadi yang masuk kancah sepak bola profesional di Paris Saint-Germain sedangkan Cisse mengawalinya bersama Lille. Walaupun tidak pernah bermain dalam satu tim, mereka menghormati lapangan yang sama di Prancis selama hampir satu dekade.

Duo ini hampir 180 kali tampil bermain pada Ligue 1 di enam klub berbeda, tetapi di Afrika-lah warisan mereka menemukan dimensi yang lebih besar.

Cisse, kapten Senegal yang kalah pada final edisi 2002, bernasib lebih baik dibandingkan Aljazair yang diasuh Belmadi pada babak kualifikasi Piala Afrika tahun itu, tetapi Aljazair membalasnya di Kairo tahun ini dengan menang 1-0 pada fase grup yang mengawali perjalanan ke final Jumat waktu Mesir nanti atau Sabtu dini hari WIB lusa.


Pertemuan mereka adalah pertemuan dua pelatih lokal pertama pada sebuah final Piala Afrika dalam 21 tahun terakhir sejak Mesir di bawah Mahmoud El Gohary mengalahkan Afrika Selatan di Jomo Sono dengan 2-0 di Ouagadougou.

"Menjadi jauh lebih rumit ketika Anda lokal ketimbang saat Anda ekspatriat. Saatnya kami (orang Afrika) percaya kepada diri sendiri, kepada anak-anak kami, kepada pelatih-pelatih kami. Sedikit demi sedikit tatanan berubah," kata Cisse seperti dikutip AFP.

"Memainkan final ini melawan sahabat saya, adalah menakjubkan. Saya kira ini pesan besar yang kami kirimkan kepada para pejabat sepak bola di Afrika," sambung Belmadi.

Cisse dengan hati-hati mengkonstruksikan tim Senegal-nya sejak mengambil alih kursi kepelatihan pada 2015, dengan melewati kemajuan terus menerus termasuk tampi pada Piala Dunia 2018 setelah 16 tahun absen, dan kini mencapai final Piala Afrika kedua mereka.

Sebagaimana halnya Belmadi, ditunjuk tahun lalur, Cisse mewarisi tim yang babak belur, yang diganggu oleh kebijakan keluar masuk yang membuat lima pelatih masuk dan hengkang cuma dalam dua tahun.