Jakarta (ANTARA) - Timnas senior Indonesia dipastikan tersingkir dari putaran Pra Piala Dunia 2014 setelah kembali menelan kekalahan melawan tuan rumah Qatar dengan skor 0-4 dalam penyisihan grup di Doha, Qatar, pada Jumat malam waktu setempat.

     Dengan hasil ini, Indonesia tetap berada di posisi buncit klasemen grup E dengan tanpa poin dari empat kali pertandingan sedangkan Qatar mengoleksi delapan poin. Indonesia menyisakan dua laga lagi yakni melawan Iran dan Bahrain.

     Hasil lainnya, berdasarkan situs resmi FIFA, Bahrain imbang 1-1 melawan Iran. Iran mengoleksi delapan poin dan Bahrain lima poin. Tiga tim yakni Iran, Qatar, dan Bahrain yang masih berpeluang untuk melangkah ke putaran keempat Pra Piala Dunia 2014.

     Indonesia yang ditangani pelatih Wim Rijsbergen menempatkan kiper Hendro Kartiko di laga tandang ini. Selain itu, pelatih asal Belanda yang menginginkan kemenangan itu menempatkan Bambang Pamungkas dan Boaz Sallosa di lini depan. Sementara dua pemain naturalisasi Greg Nwokolo dan Victor Igbonefo belum dapat dimainkan.

     Dalam laga ini, tuan rumah Qatar mampu tampil lebih baik langsung menekan pertahanan Indonesia yang dimotori Hamka Hamzah.

     Gol pertama Qatar akhirnya, tercipta di menit 30 oleh Mohammed Razak setelah mendapat umpan matang dari sayap kanan. Serangan cepat ini terjadi kesalahan umpan yang diserobot pemain Qatar.

     Sementara gol kedua dicetak lewat kotak penalti oleh Khalfan Ibrahim di menit 33. Penalti ini karena pelanggaran yang dilakukan oleh Hamka Hamzah di kotak penalti dengan menjatuhkan pemain lawan.

     Sejumlah peluang lewat Toni Sucipto, Boaz Sallosa dan satu tendangan keras Firman Utina belum mengubah keadaan.

     Di babak kedua, Qatar yang ditangani pelatih Sebastio Lazaroni ini memperbesar gol lewat kaki Khalfan Ibrahim di menit ke-64. Kembali gol tercipta di menit-menit akhir oleh Andres Quintana. Kedudukan akhir 4-0 untuk Qatar.

     Pertandingan selanjutnya, Indonesia akan menjamu Iran di Stadion Utama GBK, pada 15 November 2011. (*)

Pewarta :
Editor :
Copyright © ANTARA 2024