Mataram (ANTARA) - Aparat kepolisian menyiapkan strategi pengamanan Motocross Grand Prix (MGXP) 2024 yang akan berlangsung dalam dua seri balap di Sirkuit Eks Bandara Selaparang, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat.

"Jadi, dalam giat MXGP 2024 di Mataram, kami sudah menyiapkan strategi dengan membagi pola pengamanan menjadi tiga ring (areal pengaman)," kata Kepala Bagian Operasi Polresta Mataram Kompol I Gede Sumadra di Mataram, Selasa.

Ring pertama, jelas dia, berada dalam areal sirkuit yang menjadi lokasi pelaksanaan olahraga balap kelas ekstrem tersebut.

"Konsentrasi (pengamanan) di ring satu untuk memberikan kenyamanan, keamanan terhadap para pebalap. Jangan sampai terganggu saat aksi," ujarnya.

Baca juga: Wali kota: Tidak ada penyambutan khusus pembalap MXGP di Mataram

Kemudian, pengamanan ring dua bertempat di areal parkir dan lokasi gelaran konser musik yang menjadi rangkaian kegiatan MXGP 2024.

Untuk pengamanan ring tiga, masuk pada pengaturan arus kendaraan. Sumadra memastikan bahwa pihaknya menyiapkan rekayasa lalu lintas yang akan menyesuaikan kepadatan arus kendaraan.

Selain membagi pola pengamanan, setiap kru pebalap, pengunjung, panitia, petugas pendukung kegiatan maupun tamu undangan yang hadir juga akan dilengkapi dengan stiker penanda.

"Nanti stikernya dibedakan, mana pengunjung, mana panitia, tamu, itu semua dibedakan biar memudahkan dalam pemantauan pengamanan," ucap dia.

Baca juga: 45 stan gratis disediakan bagi UMKM saat pelaksanaan MXGP di Mataram

Lebih lanjut, Sumadra mengatakan Polresta Mataram mengerahkan sebanyak 250 personel. Seluruhnya akan berada di bawah komando pengamanan secara terpusat dari Polda NTB.

Gelaran MXGP 2024 di Kota Mataram akan berlangsung dalam dua seri balap. Untuk seri ke-11 akan berlangsung pada 29-30 Juni 2024 dan seri ke-12 pada 7-8 Juli 2024.

Baca juga: Okupansi hotel di Mataram ditarget 70 persen saat MXGP 2024
Baca juga: Sebanyak 35 tenda UMKM Mataram disiapkan saat MXGP Selaparang

Pewarta : Dhimas Budi Pratama
Editor : Abdul Hakim
Copyright © ANTARA 2024