Lombok Tengah (ANTARA) - Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Balai Latihan Kerja (BLK) Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), memberikan pelatihan desain grafis kepada masyarakat agar memiliki keterampilan dalam menghadapi dunia kerja.

"BLK sudah memberikan pelatihan kepada masyarakat untuk desain grafis," kata Instruktur pelatihan TIK di UPTD BLK Lombok Tengah Ahmad Habib di Lombok Tengah, Senin.

Para peserta diberikan materi pelatihan mulai dari teori, desain dengan aplikasi di PC, sampai pembuatan atau cetak produk hasil desain.

"Berbagai pelatihan yang diberikan ini tidak lain sebagai persiapan agar setelah selesai pelatihan bisa membuka usaha mandiri atau masuk kerja di perusahaan percetakan," katanya.

Baca juga: Tingkatkan SDM, Masrakat KEK Mandalika dapat pelatihan berbasis kompetensi

Pelatihan desain grafis dilakukan bagi masyarakat ini tidak lain sebagai upaya untuk memberikan pengalaman dan keterampilan kepada masyarakat agar nantinya memiliki kemampuan untuk bisa menjadi pengusaha mandiri ataupun siap bekerja.

“Tahun 2024 ini sudah angkatan kedua kami berikan pelatihan desain grafis. Angkatan pertama di awal tahun dan angkatan kedua pertengahan tahun ini," katanya.

Baca juga: Pemkab Lombok Tengah mencetak pengusaha muda

Para peserta diajarkan cara mendesain berbagai hal menggunakan berbagai aplikasi yang ada di komputer, sampai dengan bagaimana mengaplikasikan desain itu ke produk jadi.

"Seperti praktik membuat papan nama, pembuatan ID card, pembuatan PIN, dan berbagai produksi yang cukup bagus," katanya.

Termasuk, lanjut dia, sablon gelas keramik hingga sablon kaos. Dengan pelatihan yang sudah diberikan ini, pihaknya optimis alumni BLK siap dalam dunia kerja.

"Jadi dengan modal ilmu yang didapatkan di BLK maka bisa berusaha mandiri dan bisa juga masuk di percetakan karena masalah desain spanduk, baliho dan lain sebagainya sudah mereka bisa," katanya.


Pewarta : Akhyar Rosidi
Editor : Abdul Hakim
Copyright © ANTARA 2024