Mataram (ANTARA) - Ajang Balap Motocross Grand Prix (MXGP) 2024 Seri 2 yang diadakan di Sirkuit Selaparang, Lombok, pada tanggal 6-7 Juli 2024 berlangsung dengan sukses berkat dukungan tanpa kedip dari PLN Unit Induk Wilayah Nusa Tenggara Barat.

Direktur Motocross Commission (CMS) dari Federation Internationale de Motocyclisme (FIM), Antonio Alia menyampaikan apresiasinya atas peran penting PLN dalam memastikan pasokan listrik tanpa gangguan selama balapan berlangsung. 

"Tanpa PLN, ajang (balapan) ini tidak akan berjalan lancar. Dengan dukungan dari PLN, kami bisa menggunakan semua fasilitas yang ada di track tanpa hambatan. Terima kasih atas dukungan PLN," katanya.

Penjabat Gubernur NTB, Mayjen (Purn) Hassanudin, juga menyampaikan rasa terima kasihnya atas kerja keras PLN dalam menyediakan listrik yang andal untuk acara MXGP kali ini. 

"Hari ini kita melaksanakan MXGP, dan saya memberi apresiasi yang luar biasa kepada PLN yang selalu menyediakan listrik yang andal sehingga menyukseskan kegiatan ini," ujar Hassanudin.

PT Samota Enduro Gemilang sebagai pihak penyelenggara juga menyampaikan apresiasi mereka atas suplai listrik dari PLN, yang mana seluruh rangkaian MXGP mendapatkan dukungan penuh 100 persen dari PLN. 

Untuk mendukung acara bertaraf internasional ini, PLN menerapkan skema tanpa kedip atau zero down time dengan pasokan listrik berlapis. 

Pemakaian listrik tertinggi yang tercatat pada main race balapan, Minggu (7/7), adalah 696 kilo volt ampere (kVA), dengan beban tertinggi terjadi di venue Paddock yang menjadi pusat persiapan para pembalap, mencapai 173 kVA.

Selama perhelatan MXGP kali ini PLN menyiagakan 7 unit Uninterruptible Power Supply (UPS) selama acara berlangsung untuk memastikan tidak ada gangguan listrik. 

Untuk menjamin keandalan listrik, PLN juga mendirikan 73 posko siaga yang diisi oleh total 61 petugas piket, 361 petugas pendukung, dan 486 tenaga alih daya (TAD).

Selain itu, PLN juga menyiapkan 7 unit Uninterruptible Power Supply (UPS), 4 unit Unit Gardu Bergerak (UGB), 2 unit Genset, 6 unit Automatic Transfer Switch (ATS), 18 unit Panel Hubung Bagi Tegangan Rendah (PHB-TR), 2 unit Crane, 47 unit Kendaraan Roda 4, dan 12 unit Kendaraan Roda 2.

Baca juga: PLN Kenalkan Fitur PLN Mobile di Ajang MXGP Lombok
Baca juga: Cerita Dibalik MXGP, Pembalap MX2 Ajak Download PLN Mobile

General Manager PLN UIW NTB, Sudjarwo menjelaskan, selama pelaksanaan gelaran balapan PLN rutin melakukan pengecekan menyeluruh terhadap peralatan serta berkoordinasi dengan panitia penyelenggara dalam memastikan tidak ada kendala yang berpotensi mengganggu jalannya balapan. 

Ia pun menyampaikan terima kasih kepada stakeholder terkait yang telah mendukung PLN dalam menyukseskan event tersebut.

"Kami telah menyiapkan segala sesuatunya dengan cermat, untuk memastikan pasokan listrik tetap andal dan tidak ada gangguan pada MXGP Lombok seri ke-2 ini. Kami berterima kasih atas dukungan penuh berbagai pihak sehingga pasokan listrik dalam mendukung MXGP di Lombok berlangsung andal," ujar Sudjarwo.

Acara MXGP 2024 Seri 2 ditutup dengan kemenangan pembalap asal Belanda, Jeffrey Herlings dari tim Redbull KTM, di kelas MXGP. Sedangkan, Lucas Coenen menjadi pembalap tercepat di kelas MX2.

Pewarta : Awaludin
Editor : I Komang Suparta
Copyright © ANTARA 2024