Mataram (ANTARA) - Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menyatakan obyek wisata Bukit Gendong di kawasan kaki Gunung Rinjani, Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur tetap dibuka pasca kebakaran lahan di puncak Bukit Gendong.

"Destinasi wisata itu tetap dibuka," kata Kepala Balai TNGR NTB Yarman di Mataram, Senin.

Ia mengatakan lokasi kejadian kebakaran berada di puncak Gedong pada koordinat (-8.413140S, 116.515622E), sumber api disinyalir dari ledakan kompor oleh aktivitas pengunjung yang sedang memasak.

"Jenis yang terbakar adalah padang savana (rumput ilalang) dan untuk luas Area yang terbakar 4 hektar," katanya.

Kebakaran yang terjadi di Bukit Gedong  pada hari Minggu tanggal 14 Juli 2024 telah dapat dipadamkan oleh petugas gabungan, sehingga destinasi wisata tersebut tetap dibuka untuk wisatawan.

"Pasca kejadian petugas TNGR bersama PPI akan melaksanakan Mop-up  pasca kebakaran yang terjadi di Bukit Gedong untuk memastikan api telah terpadam secara menyeluruh," katanya.

Ia mengimbau kepada warga atau wisatawan yang berkunjung ke Bukit Gendong untuk tetap menjaga kawasan Rinjani dari kebakaran hutan saat menggunakan api yang dapat mengakibatkan kebakaran.

"Mari dijaga bersama kawasan wisata ini untuk keselamatan semua pihak," katanya.


Pewarta : Akhyar Rosidi
Editor : Abdul Hakim
Copyright © ANTARA 2024