Lombok Tengah (ANTARA) - Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI), Tuan Guru Haji (TGH) Ibnu Kholil menyatakan dukungan kepada pasangan Lalu Muhamad Iqbal dan Indah Damayanti Putri (Iqbal-Dinda) pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Nusa Tenggara Barat 2024.

Hal itu disampaikan senator dua periode tersebut pada acara pengajian umum dan silaturahmi yang dihadiri oleh Lalu Muhamad Iqbal dan Syekh Abdulloh Muhammad Hilmy Abdul Qodir, di Yayasan Ponpes Inen Lemo di Desa Beleke, Kecamatan Praya Timur, Lombok Tengah, Sabtu (3/8).

TGH Ibnu Kholil menilai bahwa Lalu Muhamad Iqbal, mantan Duta Besar (Dubes) Turki tersebut merupakan sosok figur yang paling pantas memimpin NTB ke depan.

Baca juga: Tim pemenangan dan relawan Iqbal-Dinda siap hadapi Pilkada NTB 2024

Namun, ia mengaku heran dengan keputusan Lalu Iqbal yang lebih tertarik maju di Pilgub NTB 2024. Padahal, ia sudah mendapatkan posisi yang bagus di nasional.

"Beliau ini punya pengalaman yang sangat luar biasa. Saudara kita ini sudah mendapat posisi bagus di nasional, tidak membuat Dr H Lalu Muhamad Iqbal silau. Ia justru memilih untuk maju sebagai calon Gubernur NTB," ucapnya.

TGH Ibnu Kholil juga mengaku sempat bertemu dengan Dubes RI untuk Portugal belum lama ini.

Dalam pertemuan tersebut, ada bocoran bahwa Lalu Iqbal adalah salah satu calon kuat yang akan menjabat sebagai sekretaris jenderal (Sekjen) di Kementerian Luar Negeri RI.

"Saat ke Portugal, ketemu duta besar bertanya Lalu Iqbal, mereka bilang ini calon terkuat Sekjen Kemenlu," katanya.

"Tapi beliau memutuskan untuk pulang membangun NTB. Saya yakin akan memberikan perubahan untuk daerah," tambahnya.

Baca juga: Bacagub Iqbal minta restu sesepuh NU TGH Turmudzi maju Pilkada NTB

Ia pun menceritakan pengalaman Lalu Iqbal sebagai diplomat Kemenlu RI, dan memiliki jam terbangnya. Tentunya hal itu akan memberikan pengaruh untuk membangun NTB.

"Jaringan-jaringan beliau (Lalu Iqbal) akan membuat daerah kita ini akan semakin maju," ucap TGH Ibnu Kholil.

Dalam kesempatan itu, bakal calon Gubernur NTB Lalu Muhamad Iqbal mengatakan keinginannya pulang ke Provinsi NTB adalah panggilan.

Baca juga: PPP usung Iqbal-Dinda maju Pilkada NTB 2024
Baca juga: Cagub dan Cawagub NTB Iqbal-Dinda temui Ketum Golkar Airlangga

Ia mengaku ingin membuat NTB dari predikat sebagai daerah yang kurang diperhitungkan, berubah menjadi daerah yang maju seperti tagline Iqbal-Dinda, NTB Makmur Mendunia.

"Niat tiang (saya) dan Ibu Dinda ingin mengabdi untuk daerah. Oleh karena itu saya lebih memilih untuk pulang kampung dari pada menetap di Kementerian," katanya.

Santri alumni Pondok Pesantren Assalam, Surakarta itu ingin anak muda NTB punya pekerjaan, ada penghasilan cukup, akhlak yang baik, dan kesehatannya terjamin.

"Dengan ini terjamin maka akan menjadi NTB emas. Caranya adalah kita harus fokus untuk melakukan pemberdayaan kepada anak muda kita, dengan meningkatkan sistem pembelajaran di bangku sekolah," ujarnya.

Baca juga: Gerindra usung Iqbal-Dinda di Pikada NTB 2024
Baca juga: PAN usung Iqbal-Dinda di Pilkada NTB 2024
Baca juga: Prabowo yakin NTB maju di bawah kepemimpinan Iqbal-Dinda

Pewarta : Awaludin
Editor : Abdul Hakim
Copyright © ANTARA 2024