Mataram, NTB (ANTARA) - Penjabat (Pj) Gubernur NTB Hassanudin mengajak warga pengguna kendaraan roda empat segera mendaftarkan kendaraannya untuk mendapatkan kode QR dalam rangka menyukseskan pelaksanaan BBM subsidi tepat jenis Pertalite.

"Saya mengajak masyarakat utamanya kendaraan roda empat pengguna Pertalite subsidi untuk mendaftarkan kendaraannya melalui website subsiditepat.mypertamina.id," katanya pada kegiatan audiensi Pertamina sebagaimana dikutip melalui keterangan tertulisnya di Mataram, NTB, Kamis.

Ia mengatakan hal itu untuk mendukung program pemerintah menyalurkan BBM bersubsidi agar tepat sasaran.

"Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB mendukung pelaksanaan subsidi tepat Pertalite agar konsumen yang berhak mendapatkan subsidi dilindungi dan mendapatkan kepastian serta bertanggung jawab dalam menggunakan BBM dengan anggaran negara di dalamnya," ujar Hassanudin.

Executive General Manager Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara (Jatimbalinus) Aji Anom Purwasakti mengatakan saat ini pihaknya melanjutkan perluasan proses pendataan transaksi pengguna Pertalite berbasis QR.

Penerapan penuh QR tersebut akan dilakukan secara bertahap dan saat ini dalam tahap sosialisasi dan pendaftaran.

"Masyarakat silakan mendaftar secara online dan jika terkendala dapat menghubungi call center kami (135) atau datang mengunjungi helpdesk di SPBU yang tersedia," katanya saat melaksanakan audiensi dengan Pj Gubernur NTB.

Lebih lanjut, Aji menambahkan bahwa saat ini proses yang berjalan adalah tahapan sosialisasi dan pendaftaran. Program subsidi tepat Pertalite bertujuan untuk melindungi konsumen yang berhak.

Dukungan dari Pemprov NTB menunjukkan komitmen pemerintah daerah ikut mengawasi dan menyukseskan program subsidi tepat agar peruntukan BBM subsidi lebih tepat sasaran kepada masyarakat.

"Dengan adanya data yang akurat tentang pengguna bahan bakar bersubsidi, pemerintah daerah dapat mengalokasikan penyaluran BBM subsidi secara tepat sasaran," ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Area Manager Comm Rel & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus Ahad Rahedi menyampaikan saat ini pendaftaran program subsidi tepat masih terus dibuka.

"Konsumen perlu menyiapkan dokumen yang nantinya akan di-upload melalui website yaitu foto KTP, foto diri, foto STNK (tampak depan dan belakang), foto Kendaraan tampak keseluruhan, foto kendaraan tampak depan nomor polisi dan foto KIR bagi kendaraan pengguna KIR," katanya.

Saat ini, jumlah pendaftar kendaraan roda empat untuk program subsidi tepat pertalite tercatat sudah 26.000 kendaraan di NTB.

"Progres ini akan terus bertambah, seiring dengan perluasan pendataan QR code pertalite yang akan dilakukan secara bertahap," ucapnya.

Baca juga: Pemprov NTB ingatkan pelamar CPNS jangan tergiur iming-iming
Baca juga: Lombok Timur terima UHC Award 2024

Sesuai Kepmen ESDM Nomor 37.K/HK.02/MEM.M/2022, Pertalite ditetapkan sebagai BBM penugasan pemerintah.

Informasi lebih lanjut mengenai mekanisme penyaluran subsidi tepat sasaran menggunakan sistem MyPertamina, masyarakat dapat menghubungi Pertamina Call Center (PCC) 135 serta sosial media resmi @mypertamina, @ptpertaminapatraniaga dan @patraniaga.jatimbalinus.

Pewarta : Nur Imansyah
Editor : I Komang Suparta
Copyright © ANTARA 2024