Lombok Tengah (ANTARA) - Sebanyak 154.127 keluarga penerima manfaat (KPM) di Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menerima bantuan beras cadangan pangan pemerintah (CPP) tahap tiga 2024.

"Jumlah penerima bantuan beras tahap tiga tahun 2024, sebanyak 154.127 KPM yang tersebar di 154 desa di 12 kecamatan," kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Lombok Tengah Lalu Ahmad Satriadi di Lombok Tengah, Senin.

Ia mengatakan begitu juga dengan jumlah beras yang diterima masing-masing KPM tetap sama, yakni 10 kilogram per bulan. Sedangkan untuk penyaluran dilaksanakan dua kali mulai Agustus-Oktober dan Desember mendatang.

"Penyaluran mulai dilakukan pekan ini," katanya.

Baca juga: DKP Mataram tunggu kepastian program bantuan beras CPP triwulan III

Ia mengatakan bantuan beras CPP ini diberikan kepada masyarakat dengan harapan bisa meringankan atau membantu kebutuhan masyarakat, khususnya beras.

"Untuk sistem penyaluran telah dilakukan sosialisasi kepada para kepala desa," katanya.

Ia mengatakan pola penyaluran beras CPP ini dilaksanakan langsung oleh pihak Bulog, namun penyaluran dipastikan aman sesuai dengan data penerima bantuan yang telah ditetapkan pemerintah pusat.

"Dari Bulog langsung ke desa, setelah itu diberikan kepada KPM sesuai dengan data di masing-masing desa," katanya.

Ia mengimbau kepada para KPM untuk memanfaatkan bantuan pangan dari pemerintah ini dengan, baik untuk memenuhi kebutuhan dan penyaluran dilaksanakan sesuai dengan aturan supaya tidak terjadi hal yang dapat merugikan masyarakat.

Baca juga: Ratusan nelayan di Lombok Utara dapat bantuan beras CPP
Baca juga: Sebanyak 382,3 ton beras CPP kuota April 2024 didistribusikan di Mataram


Pewarta : Akhyar Rosidi
Editor : Abdul Hakim
Copyright © ANTARA 2024