Lombok Tengah (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) melaksanakan pengundian dan penetapan pasangan calon kepala daerah pada Pilkada Serentak 2024.

Ketua KPU Lombok Tengah Hendri Herliawan di Lombok Tengah, Senin mengatakan berdasarkan hasil rapat pleno terbuka pengundian nomor urut, ditetapkan nomor urut pasangan calon bupati dan wakil bupati Lombok Tengah yakni nomor urut (1) pasangan calon Ruslan Turmuzi dan Lalu Normal Suzana, nomor urut (2) pasangan calon Lalu Pathul Bahri dan HM Nursiah, dan nomor urut (3) pasangan calon H Ahmad Puaddi dan Legewarman.

"KPU telah menetapkan tiga pasangan calon bupati dan wakil bupati Lombok Tengah di Pilkada 2024," katanya.

Baca juga: Sejumlah kepala desa di Lombok Tengah deklarasi jaga netralitas di Pilkada 2024

Selain itu, Komisi Pemilihan Umum telah menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) tingkat kabupaten pada pemilihan gubernur dan wakil gubernur Nusa Tenggara Barat serta Bupati dan Wakil Bupati Lombok Tengah 2024 sejumlah 777.196 pemilih.

"Rincian DPT Pilkada 2024 yakni pemilih laki-laki 379.853 orang dan pemilih perempuan 397.343 orang yang tersebar di 1.689 TPS pada 154 desa/kelurahan di 12 kecamatan," katanya.

Ia mengatakan jumlah DPT yang telah ditetapkan ini tidak bisa berubah, karena pada daftar pemilih sementara (DPS) telah diberikan kesempatan kepada masyarakat untuk untuk menyampaikan tanggapan.

Baca juga: Bakal calon di Pilkada Lombok Tengah bentuk satgas pengawasan ASN

Untuk jumlah pemilih baru sebanyak 2.186 pemilih dan pemilih yang tidak memenuhi syarat sejak awal proses pendataan DPS hingga penetapan DPT itu sebanyak 3.321 pemilih.

"Jumlah DPT yang ditetapkan ini tidak bisa bertambah," katanya.

Namun, warga yang belum masuk dalam DPT masih ada proses daftar pemilih khusus (DPK) dan daftar pemilih tetap tambahan (DPTb) hingga hari pemungutan suara.

"Proses penetapan DPT ini sama seperti Pemilu 2024. Bagi warga yang tidak terdaftar bisa masuk dalam DPK atau DPTb," katanya.

Baca juga: Tes kesehatan paslon Pilkada Lombok Tengah 2024 dilakukan di RSUP NTB

Pewarta : Akhyar Rosidi
Editor : Abdul Hakim
Copyright © ANTARA 2024