Mataram (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, menetapkan nomor urut pasangan calon (paslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Mataram yang akan bertanding dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 27 November 2024.

Ketua KPU Kota Mataram Edy Putrawan di Mataram, Selasa, mengatakan rapat pleno terbuka pengundian dan penetapan nomor urut pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Mataram 2024, Senin (23/9) malam menghasilkan pasangan calon H Lalu Aria Dharma-H Weis Qurnain (AQUR) mendapatkan nomor urut 1 dan pasangan petahana H Mohan Roliskana-TGH Mujiburahman (HARUM) mendapat nomor urut 2.

"Nomor urut pasangan calon itu telah ditetapkan dalam SK No 458/2024 tentang penetapan nomor urut peserta pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Mataram 2024," katanya.

Baca juga: KPU Mataram gelar tahapan pencabutan nomor urut pasangan calon pilkada 2024

Dengan telah dilaksanakan penetapan nomor urut pasangan calon tersebut, tahapan pilkada serentak di Kota Mataram dilanjutkan ke tahap kampanye. "Kampanye dimulai pada 25 September 2024 sampai 23 November 2024," katanya.

Setelah penetapan nomor urut pasangan calon (23/9/2024), maka kegiatan dilanjutkan dengan pembacaan deklarasi damai oleh kedua pasangan calon dan lakukan penandatangan oleh kedua pasangan calon, para saksi dari KPU, Bawaslu, pimpinan DPRD Kota Mataram, Pemerintah Kota Mataram, dan jajaran terkait lainnya.

Baca juga: Pemkot Mataram siapkan empat lokasi kampanye terbuka pilkada

Edy mengatakan, dalam kegiatan pengambilan dan penetapan nomor urut pasangan calon selain dihadiri kedua pasangan calon dihadiri juga oleh perwakilan partai pendukung masing-masing pasangan calon dan perwakilan simpatisan.

"Untuk pendukung dan simpatisan yang hadir kami batasi masing-masing 50 orang," katanya.

Diketahui, pasangan Aqur didukung oleh empat partai politik yaitu PKS, PAN, Hanura, dan PPP. Sedangkan pasangan Harum didukung enam partai politik sebagai pengusung, yaitu Partai Gerindra, PDI P, Golkar, Nasdem, Demokrat dan PKB.

Baca juga: KPU Mataram tetapkan dua pasangan calon Pilkada 2024

 

Pewarta : Nirkomala
Editor : Abdul Hakim
Copyright © ANTARA 2024