Mataram (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat siap menyukseskan program 100 hari Presiden dan Wakil Presiden terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

"Pada tanggal 20 Oktober 2024 pelantikan presiden terpilih, tujuh program 100 hari kerja presiden yang merupakan program akan mensejahterakan masyarakat serta menyongsong Indonesia emas 2045," kata Sekretaris Daerah Provinsi NTB, Lalu Gita Ariyadi saat memberikan arahan pada rapat persiapan NTB dalam menjemput program nasional presiden terpilih Prabowo Subianto bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Provinsi NTB dalam keterangan tertulis diterima di Mataram, Selasa.

Satu di antara tujuh program 100 hari Presiden Prabowo Subianto, sebut Sekda NTB, yakni makan bergizi gratis. Untuk itu pihaknya mengarahkan agar dinas, sekolah dan yang terkait untuk menyiapkan data, dan memastikan ke lembaga kementerian untuk mengetahui teknis pelaksanaannya, baik anggaran dan peran pemerintah daerah.

"Tujuh program 100 hari kerja presiden terpilih agar dinas dan terkait untuk membahas lebih lanjut terkait kesiapan, dan penganggaran-nya, baik melalui APBD, berkoordinasi untuk memastikan aksi kebijakan kedepannya," ucapnya.

Baca juga: Rapat terakhir Menhan Prabowo di DPR RI sebelum jadi Presiden

Yang kedua, lanjut Sekda NTB, program pemeriksaan kesehatan gratis, maka perlunya kesiapan rumah sakit, dokter dan teknis serta data yang komprehensif tentang penyakit yang ada di masyarakat, kesiapan ini tentunya untuk mendukung kebijakan nasional.

Program ketiga terkait pembangunan RS lengkap, berkualitas di daerah, Sekda NTB berharap program ini dapat di komunikasikan ke lembaga kementerian untuk mendukung peningkatan layanan kesehatan di NTB, baik penuntasan TBC, renovasi sekolah, sekolah unggulan terintegrasi, dan lumbung pangan maka perlu dukungan data yang akurat, perencanaan, SDM dan kesiapan teknisnya.


Baca juga: Gerindra: Susunan kabinet Prabowo difinalisasi sebelum pelantikan

Baca juga: Presiden Jokowi respons 44 kementerian bentukan Prabowo


Pewarta : Nur Imansyah
Editor : Abdul Hakim
Copyright © ANTARA 2024