Lombok Tengah (ANTARA) - Pembalap asal Nusa Tenggara Barat (NTB) Aldiaz Aqsal Ismaya meraih podium kedua setelah berhasil mengalahkan belasan pembalap lainnya pada race pertama kelas 150 cc Mandalika Racing Series di Sirkuit Pertamina Mandalika, Sabtu.

Pembalap dari Yamaha Yamalube ini memulai balapan dari posisi ke-13 pada balapan yang berlangsung delapan putaran tersebut. Ia sempat memimpin balapan dan bersaing dengan rekannya sesama NTB Arai Agaska yang juga finis di urutan 10 besar.

Baca juga: Pembalap NTB Arai Agaska raih podium di race pertama MRS 2024

Podium pertama diraih pembalap asal Jawa Timur Mohamad Murbbol dari Yamaha LFN HP969 RCB setelah menjadi yang tercepat dengan waktu 15 menit 49.189 detik. Kemudian posisi ketiga diraih pembalap asal DKI Jakarta Wilman Hammar dari tim Yamaha.

"Saya hanya mengikuti balapan dari awal dan berharap bisa finis. Tapi ada rezeki bisa podium kedua di race pertama ini," kata Aldiaz di Mandalika, Sabtu.

Pada race pertama di kelas national sport 250 cc Arai Agaska Dibani Laksana dari Yamaha Racing berhasil finis pertama.

Namun, di kelas national sport 150 cc, ia harus puas pada posisi 10 besar meskipun pada lap ketiga sempat berada pada barisan depan untuk bersaing dengan pembalap lain.

Baca juga: Sebanyak 119 pembalap panaskan final round Mandalika Racing Series 2024

Dari 17 pembalap yang menjajal lintasan di kelas national sport 150 cc, dua di antaranya adalah pembalap asal NTB yakni Aldiaz Aqsal Imaya dan Arai Agaska Dibani Laksana.

Sebelumnya, Mandalika Grand Prix Association (MGPA) menyatakan 119 starter siap berjibaku dalam putaran final kejurnas balap motor sportbike Pertamina Mandalika Racing Series 2024, 19-20 Oktober, di Pertamina Mandalika International Circuit, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

"Sebanyak 119 starter telah terdaftar. Mereka datang dari berbagai daerah di Indonesia seperti Riau, Berau, Palu hingga Papua," kata Direktur MGPA Utama Priandhi Satria di Lombok Tengah.

Adapun jumlah pembalap yang terdaftar masing-masing kelas junior sport 150 U-15 sebanyak 24 starter, nasional sport 250 (27 starter), supersport 600 (6 starter), nasional sport 150 (17 starter), superbike 1000 dan supersport 600 (14 starter) dan Underbone 150 Open (30 starter).

Baca juga: Kejurnas Pertamina MRS ajang persiapan hadapi AARC Mandalika-NTB

Pewarta : Akhyar Rosidi
Editor : Abdul Hakim
Copyright © ANTARA 2024