EMMANUEL ADEBAYOR PEMAIN TERBAIK AFRIKA

id

Lagos, (ANTARA) - Bukan percuma memiliki nama depan Emmanuel yang artinya Juru Selamat. Boleh jadi tuah nama itu membawa striker Arsenal Emmanuel Adebayor terpilih sebagai penerima penghargaan pemain sepak bola terbaik Afrika, Selasa.

Pemain internasional dari Togo itu mengalahkan pemain tengah Chelsea, Michael Essien dari Ghana dan pemain tengah dari Mesir Mohamed Aboutrika pada pemungutan suara pelatih dan kapten terbaik Afrika yang diadakan Konfederasi Sepak Bola Afrika, seperti diwartakan Reuters.

Ini merupakan penghargaan terbesar yang diterima striker ramping itu, yang dikenal lewat golnya yang mengesankan dalam kompetisi liga Inggris dan perannya ketika membantu Togo maju ke babak penyisihan zona Afrika dalam usaha maju ke Piala Dunia 2010.

Adebayor, yang akan beralih 25 tahun akhir bulan ini, mencetak 24 gol pada musim lalu kompetisi liga Inggris. Ia mencetak tiga gol dalam empat pertandingan Togo di penyisihan Piala Dunia.

"Saya amat gembira menerima penghargaan ini," katanya dalam acara puncak penyerahan penghargaan itu di Lagos.

"Saya merasa amat dihargai oleh sepak bola Afrika. Sekarang Piala Dunia semakin dekat dan diadakan di Afrika. Kita harus bekerja keras memenangkan kejuaraan ini," katanya.

Afrika Selatan menjadi tuan rumah Piala Dunia 2010 dan Togo berusaha lolos untuk kedua kalinya berurutan. Mereka akan memulai babak penyisihan akhir melawan Kamerun bulan depan.

Adebayor diputuskan sebagai pemain terbaik menggantikan Frederic Kanoute dari Mali yang memenangi penghargaan tahun lalu karena  panitia memutuskan hanya akan menyerahkannya kepada pemain yang bersedia menghadiri acara seremonial tahunan yang diadakan CAF itu.

Berarti, penyerang Chelsea, Didier Drogba dari Pantai Gading, pemain favorit, tidak dapat mempertahankan apa yang diraihnya pada 2006 itu.

Penyerang dari Pantai Gading, Salomon Kalou, yang juga bermain dalam klub liga utama Inggris, Chelsea, terpilih sebagai pemain terbaik termuda di Afrika untuk tahun 2008.(*)