Musisi buat gerakan "20 detik cuci corona"

id Robi Navicula, Dedy Lisan, Kamga, Changcutters, Cliff Club 80s, Jason Ranti, Nova Ruth, /rif

Musisi buat gerakan "20 detik cuci corona"

Ilustrasi poster gerakan #20detikcucicorona (ANTARA/HO)

Jakarta (ANTARA) - Sederet musisi Indonesia seperti Robi Navicula, Dedy Lisan, Kamga, Changcutters, Cliff Club 80s, Jason Ranti, Nova Ruth, /rif bergabung dalam gerakan #20detikcucicorona.

Playlist #20detikcucicorona tersebut sebenarnya sudah mulai tayang sejak Sabtu, 4 April 2020 di Instagram. Selain itu dapat dinikmati juga di YouTube dan bisa di-download di Bandcamp. Seluruh karya yang masuk sudah didaftarkan hak ciptanya melalui lisensi "Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional – Creative Commons".

Gerakan non komersil tersebut mengumpulkan karya-karya para musisi berupa lagu berdurasi 20 detik yang kemudian akan dirangkai ke dalam dalam daftar putar (playlist).

Dhani Hargo, salah satu penggagas gerakan #20detikcucicorona mengatakan tujuan dari gerakan tersebut agar semakin banyak orang yang mendengarkan dan mau mencuci tangan dengan benar dan senang selama 20 detik.

"Lockdown, physical distancing, flattening the curve, itu bahasa anak Senopati. Saudara-saudara kita di Brebes, Maros, Pacitan, dan di daerah lain bingung. Padahal yang paling dasar dan mudah, cuci tangan minimal 20 detik dengan sabun," kata Dhani dalam keterangan pers di Jakarta pada Rabu.

Dhani berharap dengan adanya lagu-lagu dari musisi yang durasinya 20 detik untuk menemani cuci tangan maka mencuci tangan akan menjadi kegiatan yang seru.

"Jadi lebih asyik buat masyarakat. Sambil cuci tangan, dengerin lagu Didi Kempot, bayangin mantan," katanya.