Sketsa wajah kekasih gelap Picasso bakal dilelang

id lelamg, sothebys, sotheby,picasso,Marie-Thrse Walter

Sketsa wajah kekasih gelap Picasso bakal dilelang

Sketsa wajah kekasih gelap Picasso, Marie-Thérèse Walter, yang tidak pernah dilihat oleh publik sebelumnya akan dilelang untuk pertama kalinya di rumah lelang Sotheby's pada 28 Juli 2020. (ANTARA/HO/Sothebys)

Jakarta (ANTARA) - Sketsa wajah kekasih pelukis Pablo Picasso, Marie-Thérèse Walter, yang tidak pernah dilihat oleh publik sebelumnya akan dilelang untuk pertama kalinya di rumah lelang Sotheby's.

Sketsa yang berjudul "Femme Endormie" ini akan dilelang di Sotheby's pada 28 Juli dengan perkiraan harga 6 juta hingga 9 juta pound sterling (sekira Rp108 miliar hingga Rp162 miliar).

Laman Sotheby's menyebutkan bahwa sketsa wajah yang lembut itu telah disimpan oleh sang pelukis secara pribadi hingga dia meninggal.

Sketsa yang terbuat dari goresan arang itu diperkirakan dibuat pada tahun 1930-an, menggarisbawahi hubungan cinta terlarang antara Picasso dengan Walter yang yang dirahasiakan.

"Ini adalah benda yang sangat berharga, sangat indah. Sebuah harta karun yang sangat berharga," kata Kepala Departemen Seni Impresionis dan Modern Sotheby Helena Newman melalui sebuah keterangan pers.

Picasso yang saat itu berusia 45 tahun, merasa tidak bahagia dalam pernikahannya. Dia kemudian jatuh cinta pada pandangan pertama terhadap Walter yang baru berusia 17 tahun.

Picasso pertama kali melihat Walter dari jendela Galeries Lafayette di Paris pada tahun 1927. Sejak saat itu Walter tidak hanya menjadi kekasih gelap Picasso namun juga menjadi sumber inspirasi pelukis legendaris itu.

Pameran Picasso pada tahun 2018 di Tate Modern menunjukkan sejumlah lukisan yang secara jelas terinspirasi dari Walter.

Lukisan-lukisan pribadi Picasso terkait Walter yang dia simpan secara pribadinya sampai kematiannya, diserahkan kepada putranya, Bernard. Lukisan dan barang-barang pribadi itu kemudian dijual dan menjadi barang milik pribadi.

Lukisan Picasso tahun 1932 yang terinspirasi oleh Walter sering kali menarik minat kolektor dengan nilai yang sangat tinggi.

 
Pewarta :
Editor: Riza Fahriza
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar