DPR usung empat isu utama pertemuan G20

id DPR RI,BKSAP,P20

DPR usung empat isu utama pertemuan G20

Ketua BKSAP DPR, Fadli Zon. ANTARA/HO-Metaksos DPR

Jakarta (ANTARA) - Ketua Badan Kerja Sama Antar-Parlemen DPR, Fadli Zon, mengatakan DPR mengangkat empat isu utama dalam Forum Ketua Parlemen Negara G20 atau P20, menegaskan peran parlemen dalam mengatasi persoalan global.

"Kami angkat empat isu dalam P20 sebagai bentuk kontribusi parlemen untuk dunia yang lebih aman dan sejahtera," kata dia, saat membuka "Diskusi Pendahuluan P20: Menuju Pertemuan ke-8 Forum Ketua Parlemen Negara G20" secara daring, Rabu.

Ia mengatakan, keempat isu yang diangkat DPR dalam forum P20 yaitu pertama, pembangunan berkelanjutan dan ekonomi hijau; kedua, ekonomi inklusif dan ekonomi kuat untuk menghadapi tantangan terkini yaitu krisis pangan, energi, dan stagnasi.

Ketiga, menurut dia, parlemen efektif dan demokrasi dinamis; keempat, kesetaraan jender, dan pemberdayaan perempuan.

Baca juga: RUU KIA dirancang ciptakan SDM Indonesia unggul

Ia mengatakan, sejak Indonesia dipilih sebagai ketua G20 pada 31 Oktober 2021, tantangan yang dihadapi apakah Indonesia mampu mengoptimalkan posisi tersebut untuk dunia yang lebih baik di tengah kondisi pemulihan pasca-pandemi Covid-19 dan krisis perang Rusia-Ukraina.

Menurut dia, berbagai krisis di dunia tidak bisa diatasi kalau keamanan global tidak kondusif karena perang Rusia-Ukraina berdampak pada komoditas harga semakin meningkat, ancaman krisis pangan, pasar saham terguncang, pertumbuhan ekonomi melambat, dan lapangan kerja terbatas.