LPMP NTB MASUK NOMINASI PENERIMA PIALA CITRA

id

     Mataram, 22/5 (ANTARA) - Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Nusa Tenggara Barat masuk sebagai nominator penerima Piala Citra Pelayanan Prima 2012 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

     Kepala Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) Muh Irfan di Mataram, Selasa, mengatakan lembaga yang dipimpinnya merupakan salah satu unit kerja di lingkup Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) yang dijadikan nominator Penerima Piala Citra Pelayanan Prima 2012.

     "LPMP NTB salah satu unit kerja di lingkup Kemdikbud yang diusulkan menerima penghargaan tertinggi di bidang pelayanan publik, selain LPMP Provinsi Jawa Tengah dan dua unit kerja lainnya di bawah Kemdikbud," katanya.

     Kemdikbud, kata dia, mengusulkan LPMP NTB sebagai nominator penerima penghargaan karena dinilai memiliki prestasi di bidang pelayanan publik.

     LPMP NTB juga dinilai berprestasi dalam hal pelaporan keuangan tahun anggaran 2011. Hal itu dibuktikan dengan perolehan penghargaan atas pelaporan keuangan terbaik ketiga dari seluruh lembaga pemerintah, baik vertikal maupun horizontal yang ada di Provinsi NTB.

     Penyerahan penghargaan kepada Unit Akuntansi Pembantu Pengguna Anggaran - Wilayah (UAPPA-W) dilakukan oleh Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan wilayah NTB Alfiah, pada 15 Maret 2012.

     Sebagai tindak lanjut Kemdikbud yang telah mengusulkan LPMP NTB sebagai nominator, kata Irfan, sejumlah tim dari Kemdikbud sudah turun untuk melakukan pembinaan.

     Tim yang juga berasal dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi serta unsur lainnya itu akan melakukan analisa mengenai kinerja aparatur yang ada di LPMP NTB sekaligus melakukan perbaikan terhadap hal-hal yang dinilai masih kurang.

     "Kami juga sudah mempersiapkan diri dengan melakukan pembenahan di segala lini karena tim penilai akan bekerja mulai Juli 2012," ujarnya.

     Menurut dia, unsur-unsur yang akan dinilai adalah kepuasan pelayanan publik, terutama para guru yang akan disertifikasi maupun yang diberikan berbagai pendidikan dan pelatihan.

     Unsur lainnya adalah penerapan standar operasional prosedur (SOP) pelayanan publik.

     Irfan mengatakan, usulan sebagai calon penerima Piala Citra Pelayanan Publik, akan dijadikan sebagai momentun untuk melakukan pembenahan, terutama dalam hal peningkatan pelayanan di bidang pendidikan.

     "LPMP NTB dijadikan sebagai nominator tidak lepas dari kontribusi dan kerja sama Pemerintah Provinsi NTB yang memberikan dukungan," katanya. (*)