Kejuaraan Muay Thai Summer Fights majukan pariwisata di Bali

id Summer fights, muay thai, olahraga, bali, sport tourism

Kejuaraan Muay Thai Summer Fights majukan pariwisata di Bali

Kejuaraan beladiri Muay Thai Summer Fights seri kedua tahun 2022 beberapa waktu yang lalu. ANTARA/Naufal Fikri Yusuf

Badung (ANTARA) - Penyelenggara kejuaraan beladiri Muay Thai Summer Fights yang diselenggarakan di kawasan pariwisata Tibubeneng, Kabupaten Badung, Bali, berupaya untuk terus memajukan sektor sport tourism atau pariwisata olahraga di Bali.

"Kegiatan ini selain untuk memajukan olahraga muay thai juga kami selenggarakan untuk mendorong perkembangan sport tourism di Pulau Dewata," ujar promotor Summer Fights Marcos Manurung di Badung, Jumat.

Ia mengatakan, dalam dua kali pelaksanaan Summer Fights sebelumnya selama tahun 2022, mayoritas penonton yang hadir adalah warga negara asing atau wisatawan yang sedang berwisata di Bali.

Summer Fights menurutnya telah menjadi kegiatan sport tourism yang mampu menarik wisatawan mancanegara untuk datang ke Bali dan menonton pertandingan yang disajikan.

"Wisatawan mancanegara animonya sangat luar biasa, penonton yang hadir biasanya sekitar 70 persen adalah warga negara asing. Jadi kegiatan ini sangat berpotensi untuk mendukung pariwisata berbasis olahraga," katanya.

Dalam gelaran Summer Fights ketiga tahun 2022 yang akan diselenggarakan Sabtu (24/9), sebanyak 18 petarung yang terdiri dari 12 orang petarung kelas pro dan 6 petarung semi pro akan bertarung untuk saling mengalahkan.

Marcos Manurung menjelaskan, Summer Fights edisi itu akan menjadi spesial karena kejuaraan tersebut akan menentukan petarung-petarung mana saja yang akan memperebutkan Sabuk Kejuaraan Nasional Muay Thai Professional Indonesia pada bulan Desember mendatang.

"Ajang ini kami harap mampu menjadi representasi Indonesia di dunia internasional yang saat ini masih belum ada. Selain itu, para petarung tentunya juga membutuhkan industri penyelenggaraan event dalam pengembangan diri di dunia olahraga beladiri Muay Thai," ungkapnya.

Ia menambahkan, Summer Fights memiliki komitmen untuk menghadirkan pertarungan yang bukan hanya sekedar pertarungan, melainkan menerapkan tradisi olahraga beladiri secara turun temurun, menjunjung rasa kehormatan dan sportivitas.

Baca juga: KONI Dorong Muay Thai Digalakkan ke Sumbawa

"Kami berkomitmen untuk menjunjung tinggi dan mempromosikan semua nilai-nilai ini hingga dapat memberikan contoh yang positif dan konstruktif di masyarakat," kata Marcos.