INDOCEMENT-INDOFOOD SINERGI GELAR "GEBYAR UMKM" RAMADHAN

id

         Citeureup, Bogor, 6/8 (ANTARA) - Memperingati HUT ke-37 pada tahun 2012, PT Indocement Tunggal Prakarsa (Tbk) bersinergi dengan PT Indofood Sukses Makmur (Tbk) menggelar kegiatan bertajuk "Gebyar UMKM" dan bazar Ramadhan 1433-H yang menyediakan kebutuhan pokok murah bagi masyarakat.

        Saat membuka acara tersebut di Gedung Olahraga pabrik Indocement di Kecamatan Citeureup, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin, Wakil Direktur Utama Indocement Fransiscus Welirang menyatakan bahwa kegiatan kali ini sengaja melibatkan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

        Didampingi Direktur SDM Indocement Kuky Permana Kumalaputra dan General Manager Corporate Communication Indofood Stefanus Indrayana, dia menjelaskan, menjelang tibanya Idul Fitri, masyarakat selalu mengalami masalah naiknya harga-harga, sehingga melalui bazar tersebut, termasuk produk yang dihasilkan UMKM binaan Indocement, disediakan kebutuhan makanan, susu, minyak, mi instan yang harganya standar.

         "Jadi, dengan adanya bazar murah ini, kita mencoba berbagi kebahagiaan dengan masyarakat sekitar pabrik, keluarga karyawan dan publik lainnya untuk mendapatkan produk makanan, minuman dan kebutuhan pokok lainnya agar dapat dijangkau," kata Fransiscus Welirang, yang juga pimpinan di Indofood, produsen berbagai produk makanan instan.

         Sementara itu, dalam jumpa pers yang dipandu Sekretaris Perusahaan Indocement Sahat Panggabean usai pembukaan acara, Direktur SDM Kuky Permana Kumalaputra yakin bahwa keterlibatan UMKM pada kegiatan itu banyak manfaatnya.

        "Manfaat itu bukan hanya untuk masyarakat, namun juga untuk pelaku UMKM sendiri," katanya.

         Ia mengatakan bahwa UMKM yang didukung Indocement diharapkan dapat memperkenalkan produknya kepada masyarakat, sehingga dapat memperluas pasar, dan tumbuh menjadi lebih besar.

     

                                    170 Binaan

       Dalam kesempatan itu, Safety Security CSR Division Manager Indocement pabrik Citeureup Iwan Sabar menjelaskan bahwa saat ini ada 170 UMKM mitra binaan salah satu perusahaan produsen semen terbesar di Indonesia itu.

       "Untuk pabrik Citeureup saja, ada sebanyak 170-an UMKM yang bahkan ada yang berprestasi di tingkat Jabar," katanya.

        Namun, dalam kegiatan kali ini, ada UMKM binaan pabrik di Tarjun, Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, yang berpartisipasi dengan produk yang dihasilkan, seperti oleh-oleh makanan khas setempat amplang, dan juga aneka kerajinan tas dari anyaman.

        Sedangkan Ketua Panitia Pelaksana HUT ke-37 Indocement Dani Handayani menambahkan, kegiatan "Gebyar UMKM" dan bazar tersebut akan berlangsung hingga Rabu (8/8).

         "Jadi, silakan masyarakat yang ingin mendapatkan berbagai kebutuhan pokok dengan harga terjangkau datang," katanya.

         Kegiatan lainnya dalam rangka HUT, khususnya terkait dengan bulan Ramadhan adalah pengecatan mushalla dan masjid di 12 desa binaan, santunan anak yatim dan juga bantuan berbuka puasa kepada masyarakat desa. (*)