Wagub NTB ingatkan warga jaga flora dan fauna kawasan Rinjani

id NTB,Wagub NTB ,Gunung Rinjani

Wagub NTB ingatkan warga jaga flora dan fauna kawasan Rinjani

Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), Hj. Sitti Rohmi Djalilah. ANTARA/Nur Imansyah

Lombok Timur, NTB (ANTARA) - Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat, Hj. Sitti Rohmi Djalilah mengingatkan masyarakat khususnya yang berada di kawasan Gunung Rinjani untuk tetap menjaga panorama alam sera flora dan faunanya. 

"Jaga sumber daya alam Rinjani karena Gunung Rinjani merupakan sumber mata air bagi masyarakat Pulau Lombok khususnya. Tidak menebang pohon sembarangan yang mengakibatkan rusaknya mata air ," ujarnya di hadapan masyarakat Desa Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, Kamis.

Selain itu ia juga mengimbau perlunya menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan di kawasan konservasi alam nasional Gunung Rinjani. "Itulah cara sederhana untuk menjaga kelestarian alam," katanya.

Ia mengatakan Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) memiliki daya tarik wisata dengan pesona alam yang dimilikinya mulai dari flora, fauna, hingga panorama alam yang dijamin mampu memanjakan mata.

"Karena daya tarik yang demikian mempesona dari Gunung Rinjani, kami ingatkan masyarakat khususnya yang berada di kawasan Gunung Rinjani untuk tetap menjaga kelestarian alam dengan tidak menebang pohon sembarangan yang akan merusak kelestarian alam Rinjani," tegas Wagub NTB.

Menurutnya perihal Gunung Rinjani dan pelestarian alamnya harus menjadi perhatian semua pihak. Karena menurut Wagub NTB, ditetapkannya Rinjani sebagai kawasan Geopark karena Rinjani merupakan kawasan konservasi, pendidikan, pemberdayaan masyarakat dan pertumbuhan ekonomi.

Baca juga: Mandalika Masuk Kawasan Rinjani Geopark Dunia
Baca juga: Dunia ingin potensi geodiversity kawasan Gunung Rinjani dilestarikan


"Geopark Rinjani telah mendapatkan pengakuan sebagai global geopark sejak 2018. Pada tahun yang sama juga ditetapkan sebagai zona inti dari area Cagar Biosfer Lombok. Juga Geopark Rinjani termasuk dalam Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) dan Kawasan Pengembangan Pariwisata Nasional (KPPN) NTB," katanya.