HUJAN ES LANDA KERINCI

id

    Jambi, (ANTARA) - Angin puting beliung dan hujan es melanda dua kecamatan di kabupaten Kerinci, 410 km arah barat Kota Jambi, menyebabkan ratusan rumah dan puluhan hektar tanaman pertanian warga rusak.

Kabag Humas Kabupaten Kerinci, Jambi, Amirsyam, ketika dihubungi Rabu menyebutkan, dua desa di dua kecamatan dilanda angin puting beliung dan hujan es itu adalah Desa Sungai Rumpun, Kecamatan Gunung Tujuh dan Desa Sungai Bendung air, Kecamatyan Kayu Aro.

"Tidak ada korban jiwa dalam musibah yang terjadi, Selasa (21/4) itu, namun sedikitnya 205 rumah mengalami kerusakan, dan 45 unit diantaranya rusak berat," katanya.

Di Desa Sungai Rumpun tercatat sekitar 136 rumah yang rusak, dan 345 rumah di antaranya rusak berat, sementara di Desa Sungai bendung Air hanya 25 rumah yang rusak.

Selain merusak rumah, sedikitnya 25 hektar tanaman kentang milik warga Desa Sungai Bendung Air juga rusak disapu angin.

Pemerintah atau instansi terkait sudah menurunkan tim untuk mendata kerugian yang dialami korban, supaya dapat diberikan bantuan sesuai yang dibutuhkan.

Bupati Kerinci, Murasman, juga langsung turun ke lokasi untuk melihat dan memberikan pengertian dan semangat kepada warganya.

"Perintah bupati, instansi terkait supaya secepatnya memberikan bantuan, baik pangan, sandang maupun papan pada korban yang kini masih banyak yang mengungsi di rumah tetangga dan keluarga terdekat," kata Amirsyam.

(*)