Sastrawan Remy Sylado meninggal dunia

id Sastrawan Remy Sylado meninggal dunia,Remy Sylado,remy sylado sakit apa,Mat Don,Fadli Zon

Sastrawan Remy Sylado meninggal dunia

Mat Don bersama Remy Sylado. (istimewa)

Mataram (ANTARA) - Sastrawan dan budayawan tanah air, Remy Sylado meninggal dunia, demikian cuitan Fadli Zon.

"Selamat jalan Bang Remy Sylado, baru beberapa hari lalu ngobrol tentang Elvis Presley dan manajernya Kolonel Tom Parker. RIP.," demikian isi cuitan tersebut.

Demikian disampaikan pula oleh penyair Kota Bandung, Mat Don yang menyampaikan duka cita. "RIP Bang Remi. Selamat jalan," katanya.

Mat Don bercerita sebelum Remy Sylado sakit dirinya pernah bertemu di Bandung.

Saat itu, Remy Sylado mengatakan "Mat Don, maneh mana buku anyar, ka aing keun euy,".

Mat don menjawab siap Kang, ke dikirim Bandung. "Setelah itu tak ketemu lagi kecuali kabar beliau sakit dari teman-teman seniman di Bekasi dan Bogor," katanya.

Remy memang dikenal serba bisa. Lahir dengan nama Yapi Panda Abdiel Tambayong, Remy memulai karier sebagai wartawan di Semarang pada 1965 kemudian menjadi redaktur majalah Aktuil Bandung (sejak 1970).

Di Bandung dia juga menapaki karir sebagai dosen Akademi Sinematografi Bandung sejak 1971 dan ketua Teater Yayasan Pusat Kebudayaan Bandung.

Dia menulis kritik, puisi, cerpen, novel, drama, kolom, esai, sajak, roman populer, juga buku-buku musikologi, dramaturgi, bahasa, dan teologi. Sementara itu, KH Mustofa Bisri atau yang akrab disapa Gus Mus menyebut kalau sosok seperti Remy Sylado adalah sosok langka. Dia segala bisa. Mulai dari menulis, melukis, hingga mengaransemen musik.