Newmont bantu perluasan asrama haji NTB

id newmont,bpih,

Newmont bantu perluasan asrama haji NTB

bangunan asrama haji NTB (ist)

Pada musim haji 2013 ini merupakan tahun kedua calon haji diberangkatkan langsung dari embarkasi Lombok, sebelumnya melalui embarkasi Surabaya
Mataram,(Antara Mataram) - PT Newmont Nusa Tenggara (NNT) memberikan bantuan dana sebesar Rp3,3 miliar yang bersumber dari dana tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) untuk peluasan asrama haji Nusa Tenggara Barat.

Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) NTB H Ma`ad Umar di Mataram, Senin, mengatakan dana tersebut digunakan untuk membangun tambahan 150 kamar termasuk fasilitasnya.

Ia mengatakan, dana tersebut untuk membangun tambahan kamar agar bisa menampung lebih banyak calon haji yang akan berangkat ke Tanah Suci Mekkah. Kalau selama ini satu kamar diisi enam orang, nanti para calon haji merasa lebih nyaman.

Dia mengatakan, arama haji NTB yang berlokasi di Jalan Lingkar Selatan Mataram ini menempati areal sekitar 4 hektare dan mampu menampung dua kelompok terbang (kloter) calon haji.

"Pada musim haji 2013 ini merupakan tahun kedua calon haji diberangkatkan langsung dari embarkasi Lombok, sebelumnya melalui embarkasi Surabaya," katanya.

Dengan telah beroperasinya embarkasi haji Lombok ini, katanya, seluruh calon haji NTB dapat mengurangi total biaya sekitar Rp10 miliar, karena tidak lagi mengeluarkan biaya penerbangan ke Surabaya.

Menurut Ma`ad, kuota calon haji NTB pada 2013 sama dengan tahun sebelumnya sebanyak 4.494 orang termasuk 30 orang Tim Pembimbing Haji Daerah (TPHD).

Sebanyak 1.178 orang calon haji Provinsi Nusa Tenggara Barat telah melunasi biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) tahun 2013 untuk embarkasi Lombok masing-masing sebesar 3.782 dolar Amerika Serikat.

Sejak dibukanya jadwal pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah haji (BPIH) pada 22 Mei 2013 hingga Jumat pukul 17.00 WITA yang telah melunasi sebanyak 1.178 oprang.

"Jumlah BPIH yang disetor ke bank pelaksana dalam rupiah kemudian dikonversi ke mata uang dolar AS. Untuk NTB BPIH tahun ini sebesar 3.782 dolar AS atau sekitar Rp37,05 juta. Nilai itu sesuai kurs pada saat penyetoran," katanya.