Banyuasin-UT kerja sama buka program diploma dan sarjana

id universitasterbuka, diploma, sarjana,pemkab banyuasin,sumsel, sumber daya manusia

Banyuasin-UT kerja sama buka program diploma dan sarjana

Pemerintah Kabupaten Banyuasin Provisi Sumatera Selatan dan Universitas Terbuka (UT) Palembang bekerja sama membuka program diploma dan sarjana. ANTARA/HO-Diskominfo Pemkab Banyuasin

Banyuasin, Sumsel (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Banyuasin, Provisi Sumatera Selatan, dan Universitas Terbuka (UT) Palembang bekerja sama membuka program diploma dan sarjana guna meningkatkan sumber dana manusia di daerah itu.

"Kami berharap melalui penandatangan nota kesepakatan ini dapat membangun kekuatan untuk saling mengisi baik kelebihan dan kekurangan dari aspek sumber daya manusia, sistem, metode serta karya, sehingga dapat bersama-sama memajukan Kabupaten Banyuasin," kata Sekda Kabupaten Banyuasin Hasmi di Banyuasin, Sumsel, Minggu.

Ia menyebutkan kerja sama itu dijalin dengan unit belajar jarak jauh Universitas Terbuka Palembang sekaligus orientasi studi mahasiswa baru (OSMB). Pada kegiatan yang dihadiri Direktur Universitas Palembang Dr Meita Istianda, S.IP., M.SI, juga digelar pelatihan keterampilan jarah jauh atau PKBJJ.

Sekda Banyuasin menyebutkan mahasiswa baru sudah mengambil pilihan tepat bisa berkuliah di Universitas Terbuka Palembang, karena UT sangat fleksibel tidak dibatasi ruang dan waktu bisa sambil kerja dan biaya relatif terjangkau dan tidak mengenal drop out (DO) . "Walaupun biaya pendidikan murah, namun pelayanan pendidikan terbaik diberikan oleh pihak kampus," katanya.

Sementara itu, orientasi studi mahasiswa baru serta pelatihan keterampilan jarak jauh sangat jelas mendukung visi misi Pemerintah Kabupaten Banyuasin pentingnya sumber daya manusia. "Di mana terwujudnya Kabupaten Banyuasin yang berdaya saing, aman, nyaman yang warganya guyub dan kreatif serta meningkatkan sumber daya manusia berdaya saing tinggi melalui pendidikan dan kesehatan yang berkualitas," katanya.

Baca juga: Mendikbudristek Nadiem: Perpres 68/2022 dorong transformasi pendidikan vokasi
Baca juga: Turen Education Expo 2023 jadi ajang promosi mutu pendidikan


Penjabat Sekretaris Daerah Banyuasin menyampaikan selamat atas diraihnya status badan hukum atau PTN-BH Universitas Terbuka, sebagai perguruan tinggi yang didirikan pemerintah dengan status sebagai badan hukum publik yang telah diberikan hak otonom sejajar dengan universitas negeri terkemuka yang ada di Indonesia.

"Pemkab Banyuasin yakin Universitas Terbuka akan selalu menjunjung tri dharma perguruan tinggi yang terdiri dari pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat," katanya.