UMMAT mewisuda 540 mahasiswa lulusan program sarjana dan diploma

id UMMAT,Universitas Muhammadiyah Mataram,Mataram

UMMAT mewisuda 540 mahasiswa lulusan program sarjana dan diploma

Rektor UMMAT Abdul Wahab dalam kegiatan wisuda ke-56 dengan mewisuda 540 wisudawan/wisudawati lulusan program sarjana dan diploma di Auditorium H. Anwar Ikraman UMMAT, Mataram, NTB, Sabtu (26/8/2023).

Perjuangan kalian sampai ke titik ini berkat dukungan orang tua dan wali
Mataram (ANTARA) - Universitas Muhammadiyah Mataram (UMMAT), Nusa Tenggara Barat pada momentum penyelenggaraan wisuda ke-56 mewisuda sebanyak 540 wisudawan/wisudawati lulusan program sarjana dan diploma.

"Saya mengucapkan selamat pada wisudawan dan wisudawati karena sudah berada pada titik akhir dari perjuangan menempuh pendidikan yang cukup panjang di Universitas Muhammadiyah Mataram," kata Rektor UMMAT Abdul Wahab dalam siaran pers yang diterima di Mataram, Senin.

Dia menyampaikan bahwa perjuangan menempuh pendidikan di UMMAT tidak mudah. Namun, berkat dukungan orang tua/wali, para lulusan berhasil menyelesaikan tanggung jawabnya dalam menempuh pendidikan.

"Perjuangan kalian sampai ke titik ini berkat dukungan orang tua dan wali. Karena itu, kami turut mengucapkan selamat kepada orang tua dan wali yang sudah mengantar putra-putrinya ke tahap penting dalam bagian hidup mereka," ujarnya.

Kegiatan wisuda ke-56 ini diselenggarakan di Auditorium H. Anwar Ikraman UMMAT pada Sabtu (26/8).

Dari 540 wisudawan/wisudawati terdapat 276 peserta yang mendapatkan predikat cumlaude. Mereka terdiri dari 40 peserta dari Fakultas Hukum, 111 peserta dari Fakultas Teknik, 146 peserta dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 40 peserta dari Fakultas Pertanian, 49 peserta dari Fakultas Agama Islam, 42 peserta dari Fakultas Ilmu Kesehatan, dan 112 peserta dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Predikat cumlaude yang dinilai sebagai sebuah prestasi akademis nyaris sempurna tersebut dapat diselesaikan dalam periode paling lama 4 tahun.

Atas pencapaian ini, UMMAT memberikan penghargaan kepada sejumlah wisudawan/wisudawati berprestasi. Di antaranya menyerahkan penghargaan kepada tiga wisudawan/wisudawati berprestasi. Mereka tidak hanya dinilai dalam hal akademis, namun juga prestasi lain seperti aktif dalam berorganisasi dan memenangkan lomba baik pada tingkat nasional maupun internasional.

Tiga orang tersebut adalah Namira Alifa Putri (S1 Teknik Pertambangan Fakultas Teknik) dengan IPK 3.72, prestasi yang diraih antara lain Juara 1 Poomsae Senior Individual Putri tahun 2019, Juara 2 Kyourugi Seniour Under 46 kilogram Putri tahun 2019, Juara 2 Poomsae Fair Senior tahun 2020, HMTA UMMAT AWARD (Mahasiswa Berprestasi) tahun 2022, International Undergraduate Conference on English Education (IUCEE) tahun 2022 dan 2023 (Presenter), Presenter di ICMET tahun 2022, dan Lulusan Terbaik Pertama dan Angkatan Pertama Program Studi Teknik Pertambangan Universitas Muhammadiyah.

Dengan adanya segudang prestasi, kini Namira Alifa Putri sudah diterima untuk bekerja pada PT. Amman Mineral Nusa Tenggara (AMNT) di Pulau Sumbawa.

Selanjutnya, Bini Afifia Widuri (S1 Teknik Sipil Fakultas Teknik) dengan IPK 3.81, prestasi yang diraih Juara III Lomba Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa-Siswa Tahun 2021 Tingkat Nasional, Juara II Online Speech Competition Tahun 2020 Tingkat Provinsi, 20 Besar Duta Bahasa NTB 2023 Tingkat Provinsi, Juara I Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Tahun 2021 Tingkat Universitas, Juara I Speech Competition Tahun 2019 Tingkat Universitas, Akademik Juara I Poem Competition Tahun 2021 Tingkat Universitas, Juara II Debate Competition Tahun 2022 Tingkat Universitas, dan Juara II Debate Competition Tahun 2019 Tingkat Universitas.

Terakhir, Atin Nurhalimah (S1 Pendidikan Matematika FKIP) dengan IPK 3.84, prestasi yang diraih 1 Jurnal Terindek Scopus Q3, 1 Artikel Jurnal Terindex SINTA 2, dan 7 Prosiding Terindex Google Scholar Prestasi akademik yang nyaris sempurna ini dapat diselesaikan dalam periode 3,5 tahun.