Indonesia kontingen terbesar kedua pada SEA Games dan APG 2023

id Dito Ariotedjo,Menpora,SEA Games Kamboja,SEA Games 2023,Kamboja,Lexyndo Hakim,ASEAN ParaGames

Indonesia kontingen terbesar kedua pada SEA Games dan APG 2023

Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo memberikan keterangan kepada wartawan usai pelantikan dirinya di Istana Negara, Jakarta, Senin (3/4/2023). ANTARA/Rangga Pandu Asmara Jingga

Jakarta (ANTARA) - Indonesia terdaftar sebagai negara peserta dengan jumlah anggota kontingen terbesar kedua pada SEA Games XXXII/2023 dan ASEAN Para Games (APG) XII/2023 di Kamboja. Berdasarkan laman resmi SEA Games Kamboja, Selasa, Indonesia mengirim 1.802 delegasi sesuai daftar dalam entry by number. Kontingen Merah Putih berada satu tingkat di bawah Thailand yang tercatat mengirim jumlah wakil terbanyak dengan 1.985 delegasi ke dua pesta olahraga terbesar di Asia Tenggara tersebut.

Secara keseluruhan, akan ada 12.404 perwakilan dari 11 negara yang meramaikan SEA Games dan ASEAN Para Games di Kamboja. Selain Indonesia dan Thailand ada pula Vietnam yang mengirim 1.663 delegasi, kemudian Malaysia dengan 1.532, Filipina dengan 1.342, dan Singapura dengan 1.228.

Sementara itu, Kamboja selaku tuan rumah hadir dengan kekuatan 1.158 wakil.  Myanmar dengan 694, Laos dengan 656, Timor Leste sebanyak 171, dan Brunei Darussalam menjadi negara paling minimalis mengirim wakil dengan 113. Khusus untuk Kontingen Indonesia, belum ada keterangan resmi terkait jumlah atlet yang dikirim baik ke SEA Games maupun ke ASEAN Para Games 2023 di Kamboja.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo mengatakan akan segera mengumumkan jumlah kontingen untuk pesta olahraga dua tahunan tersebut. "Jumlah kontingen akan kami tentukan pada pekan ini. Jadi tunggu tanggal mainnya. Saya baru duduk resmi hari ini, jadi mohon sedikit waktu untuk kami memastikan persiapan yang baik dan komprehensif," ujar Dito kepada pewarta dalam serah terima jabatan di Wisma Kemenpora, Senayan, Jakarta, Selasa.

Baca juga: Menko PMK minta Menpora Dito tuntaskan persiapan SEA Games
Baca juga: Atlet Dina Aulia bertekad pecahkan rekornas Dedeh Erawati SEA Games


Dalam kesempatan yang sama Chef de Mission (CdM) Kontingen Indonesia di SEA Games 2023 Lexyndo Hakim mengatakan penunjukkan Dito sebagai Menpora membuka secercah harapan untuk segera terbentuknya Kontingen Indonesia.

"Harusnya hari ini ada rapat tim review, dan hasil rapat kemarin itu untuk selanjutnya bertemu dengan Menpora. Semoga ketika Menpora sudah dapat paparan dari tim reviewnya, dalam 1-2 hari ini dapat titik terang terkait kontingen dan cabang olahraga yang akan diberangkatkan untuk SEA Games 2023," ujar Lexy.