ASN Mataram 100 persen hadir di hari pertama masuk pasca-libur lebaran

id ASN Mataram,ASN Kota Mataram,ASN Mataram Idul Fitri Lebaran,Mataram

ASN Mataram 100 persen hadir di hari pertama masuk pasca-libur lebaran

Sejumlah pejabat lingkup Pemerintah Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, bersalaman dengan anggota panitia khusus LKPJ DPRD Kota Mataram seusai melakukan kunjungan kerja (kunker) pada hari pertama masuk kerja setelah libur Idul Fitri 1444 Hijriah, di ruang Kenari Kantor Wali Kota Mataram, Rabu (26/4-2023). (ANTARA/Nirkomala)

Mataram (ANTARA) - Pemerintah Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, mencatat tingkat kehadiran Aparatur Sipil Negara (ASN) pada hari pertama masuk kerja pascalibur dan cuti bersama Idul Fitri 1444 Hijriah, mencapai 100 persen.

"Alhamdulillah, ASN yang masuk di hari pertama masuk kerja setelah Idul Fitri 1444 Hijriah mencapai 100 persen di luar ASN yang cuti. Jumlah ASN yang cuti di bawah 5 persen," kata Plt Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Mataram Hj Baiq Evi Ganevia di Mataram, Rabu.

Tingkat kehadiran ASN di hari pertama kerja itu, lanjutnya, berdasarkan data dari Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Mataram.

"Jadi tidak ada ASN yang mengajukan cuti tambahan karena terjebak arus balik, dan semua layanan dasar masyarakat terutama di bidang kesehatan baik di puskesmas maupun rumah sakit, hari ini sudah kembali normal," katanya.

Menurutnya, tingginya tingkat kehadiran ASN tersebut karena waktu libur dan cuti bersama yang diberikan tahun ini relatif panjang sehingga ASN bisa memanfaatkan libur tersebut untuk berkumpul dan silaturrahim bersama keluarga.

Selain itu, lanjutnya, sebelum libur dan cuti bersama telah disampaikan kepada semua ASN untuk mengikuti kegiatan halal bihalal tingkat Pemerintah Kota Mataram pada hari pertama masuk kerja.

Karena, sebenarnya hari ini akan dilaksanakan halal bihalal di halaman kantor wali kota bersama wali kota dan wakil wali kota, pejabat, serta ASN di semua organisasi perangkat daerah (OPD).

"Tapi karena ada larangan dari pemerintah pusat, kegiatan halal bihalal kita tunda dan dijadwalkan pada 2 Mei 2023 sekaligus memperingati Hari Pendidikan Nasional dan Hari Otonomi Daerah," katanya.

Di sisi lain, Evi yang juga menjabat sebagai Asisten III Setda Kota Mataram, memberikan apresiasi atas tingkat kehadiran ASN di hari pertama masuk kerja setelan libur dan cuti bersama Lebaran 2023.

"Semoga ini menjadi awal yang baik dan memberikan contoh terbaik bagi masyarakat terhadap tingkat kedisiplinan ASN," katanya.