Gubernur optimistis NTB memenuhi target 20 medali emas PON Aceh-Sumut

id Target emas NTB di PON 2024,PON Aceh-Sumatera Utara 2024,PON,Gubernur NTB

Gubernur optimistis NTB memenuhi target 20 medali emas PON Aceh-Sumut

Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Zulkieflimansyah saat membuka rapat kerja Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) NTB di Mataram, Jumat (19/5/2023). (ANTARA/Nur Imansyah).

Mataram (ANTARA) - Gubernur Nusa Tenggara Barat Zulkieflimansyah optimistis atlet-atlet yang berlaga pada PON Aceh-Sumatera Utara 2024 bisa memenuhi target 20 medali emas.

"Optimisme harus dibangun sejak dalam pikiran agar semua ikhtiar dan upaya yang dilakukan dikerjakan dengan semangat tinggi," kata Zulkieflimansyah saat membuka rapat kerja Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) NTB di Mataram, Jumat.

Ia mengatakan target 20 medali emas NTB di PON XXI Aceh-Sumut 2024 harus dibangun dengan mimpi besar dan ikhtiar maksimal.

"Ikhtiar yang dilakukan harus dimulai dari pengurus cabang olahraga di setiap kabupaten/kota agar target tercapai," ujarnya.

Kendala pembinaan dan pembiayaan benar-benar dipikirkan dengan menempatkan kriteria pengurus yang memiliki jaringan luas dan dedikasi tinggi terhadap olahraga.

Namun demikian, Gubernur NTB juga mengingatkan agar target prestasi tak melupakan aspek kesejahteraan atlet.

"Sekarang, banyak atlet berprestasi tak lagi mengejar PNS. Banyak juga yang berkeinginan menjadi pengusaha sehingga pendidikan dan peluang harus pula dipikirkan oleh pengurus cabang olahraga," katanya.

Ketua KONI NTB Mori Hanafi mengatakan, target 20 medali dapat tercapai dengan kerja bersama mulai dari pengurus olahraga kabupaten/kota.

Dari 66 cabang olahraga yang dipertandingkan di PON mendatang, setengahnya belum dipetakan potensinya sehingga jika pun KONI memiliki rencana ikut dalam 38 cabang atau lebih akan memiliki konsekuensi pembinaan dan jumlah kontingen yang lebih besar.

"Namun kami optimistis target akan tercapai dengan prioritas potensi yang dimiliki dan kerja keras pembinaan pengurus cabang olahraga kabupaten/kota," kata Mori.

Pada PON XX Papua 2021, Kontingen PON NTB memecahkan rekor dengan meraih 15 medali emas dan menduduki peringkat sembilan secara nasional dari 34 provinsi peserta dengan target 17 emas.

Oleh karena itu, ia berharap Rapat Kerja Daerah (Rakerda) KONI yang berlangsung hari ini sampai besok dapat menghasilkan rekomendasi yang dapat dikerjakan oleh semua pihak. Hadir pula seluruh pengurus cabang olahraga dan pengurus KONI se-NTB.