Kondisi jalan di NTB mulai berkabut, waspada pengendara!

id Cuaca di NTB hari ini,Cuaca NTB,Kabut di NTB,BMKG

Kondisi jalan di NTB mulai berkabut, waspada pengendara!

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat atau pengendara motor/mobil untuk waspada terhadap kondisi jalan di wilayah Nusa Tenggara Barat mulai berkabut di pagi hari.

Mataram (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat atau pengendara motor/mobil untuk waspada terhadap kondisi jalan di wilayah Nusa Tenggara Barat mulai berkabut di pagi hari.

"Bagi masyarakat khusus pengendara diharapkan selalu berhati-hati, karena salah satu dampak dari terjadinya kabut adalah jarak pandang yang berkurang," kata Prakirawan Stasiun Zaenudin Abdul Majid, Lombok, Alfiansyah Pradana di Mataram, Rabu.

Sejumlah ruas jalan yang tertutup kabut tersebut akibat ketika musim kemarau terjadi, salah satunya ditandai dengan cuaca cerah dengan eksistensi awan yang sedikit atau tidak ada. Sehingga Eksistensi awan yang sedikit atau bahkan tidak ada sama sekali ini menimbulkan fluktuasi suhu yg cukup signifikan antara malam dan siang hari.

"Karena salah satu fungsi awan adalah menangkap radiasi matahari, sehingga suhu di permukaan cenderung tidak berubah drastis," katanya.

Ia mengatakan, ketika eksistensi dari awan ini sedikit ataupun tidak ada, suhu pada malam hari cenderung lebih dingin dan siang hari lebih panas. Suhu permukaan yang dingin ini dapat menimbulkan kabut yang timbul pada malam hingga pagi hari.

"Kabut jenis ini disebut kabut radiasi," katanya.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya kabut radiasi disebabkan oleh suhu udara permukaan yang dingin, sehingga menyebabkan uap air diatasnya mengalami pendinginan sehingga terbentuk kabut. 

"Kabut ini akan berangsur hilang seiring adanya pemanasan permukaan dari sinar matahari dan juga ditambah adanya angin," katanya.

Oleh karena itu, dengan kondisi suhu yang dingin dan berkabut pagi hari itu bagi  masyarakat atau pengendara diharapkan selalu berhati-hati, karena salah satu dampak dari terjadinya kabut adalah jarak pandang yang berkurang.

"Tetap waspada saat berkendara, supaya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan," katanya.