Perusahaan di Jambi wajib ciptakan SDM siap pakai

id wamenaker,sdm siap kerja,sdm siap pakai,program csr,ketrampilan sdm,kemnaker,bpvp padang,UU cipta kerja, Jambi, Perusahaan di jambil

Perusahaan di Jambi wajib ciptakan SDM siap pakai

Wamenaker Afriansyah Noor saat membuka kegiatan pelatihan bakery di Jambi, Jumat (26/5/2023). (ANTARA/Tuyani)

Jambi (ANTARA) - Wakil Menteri Ketenagakerjaan (Wamenaker)  RI Afriansyah Noor mengimbau perusahaan yang berinvestasi di Jambi juga turut andil dalam menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) siap pakai di daerah tersebut melalui program CSR.

"Imbauan untuk untuk pengusaha di Jambi, nanti juga akan mengundang mereka agar memberikan pelatihan keterampilan kepada masyarakat sebagai bentuk Corporate Sosial Responsibility (CSR)," kata Wamenaker Afriansyah Noor di Jambi, Jumat.

Program tersebut juga dapat bekerja sama dengan Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) dan Dinas Ketenagakerjaan setempat, sehingga nantinya masyarakat yang mengikuti pelatihan bisa mendapatkan sertifikat keahlian. Selain CSR pada infrastruktur, kata dia, pengembangan SDM juga kunci pembangunan suatu daerah.

Wamenaker juga meminta kepada perusahaan yang ada agar tidak hanya memberikan CSR dalam bentuk sembako. Menurutnya, pemberian CSR dalam bentuk sembako hanya dinikmati sekali waktu. Sedangkan peningkatan kemampuan dan keterampilan diri bisa dimanfaatkan untuk pencari kerja dan membuka usaha.

Hal itu sejalan dengan kegiatan pelatihan bakery atau pembuatan roti dan aneka produk lainnya yang diselenggarakan oleh Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Padang bekerja sama dengan pengusaha asal Jambi .

Baca juga: Pemkot Jambi prioritaskan program bapak asuh
Baca juga: Pembudidaya ikan arawana di Jambi berhasil panen anakan 'gold'


Pelatihan ini diikuti oleh 16 peserta dan berlangsung selama 18 hari. Melalui pelatihan seperti itu diharapkan dapat meningkatkan ketrampilan masyarakat. Lebih dari itu Wamenaker berharap agar peserta pelatihan yang telah memiliki kemampuan dalam bidang pembuatan roti bisa membuka usaha dan lainnya. "Kami dari Kemnaker siap memberikan dan mendampingi jika diselenggarakan pelatihan seperti ini, tujuannya untuk meningkatkan kemampuan pencari kerja ataupun membuka lapangan usaha," ucapnya.