APG 2023: Tenis meja optimistis capai target medali emas

id ASEAN Para Games, para-tenis meja, Indonesia,Kamboja APG Kamboja, APG 2023

APG 2023: Tenis meja optimistis capai target medali emas

Ilustrasi - Atlet National Paralympic Committee (NPC) memberi hormat pada acara Pengukuhan dan Pelepasan Kontingen ASEAN Para Games XII Kamboja 2023 di Balai Kota, Solo, Jawa Tengah, Senin (29/5/2023). . ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha/aww.

Phnom Penh (ANTARA) - Pelatih tim para-tenis meja Indonesia Suwarno menegaskan bahwa timnya optimistis untuk memenuhi target medali emas pada ASEAN Para Games (APG) Kamboja 2023.

"Di APG Kamboja, kami ditargetkan 13 medali emas, 16 perak dan 22 perunggu dari 56 nomor yang dipertandingkan. Dari target ini, kami optimistis bisa memenuhi target tersebut,” kata Suwarno di Table Tennis Hall Morodok Techo, Phnom Penh, Jumat.

Suwarno melanjutkan bahwa target medali tersebut merupakan target yang realistis dan tidak terlalu muluk-muluk. "Tenis meja lebih baik dapat target melesat ke atas dari pada membuat target tinggi, tetapi tidak bisa tercapai," imbuhnya. Pada APG tahun lalu di Solo, tim para-tenis meja jauh melampaui target yang telah dibebankan, yakni 21 emas dari target 12 medali emas.

Sementara pada APG 2017 di Malaysia, tim-para tenis meja mengumpulkan 14 medali emas. Dia berharap target tersebut bisa terealisasi saat pertandingan, mengingat baru saja tim para-tenis meja ditinggalkan sang ikon tenis meja Indonesia, David Jacobs.

"Tanpa adanya David Jacobs memang sedikit memengaruhi persiapan menuju Kamboja. Namun, sebelum bertolak ke Kamboja. Tim para tenis meja sepakat tanpa David menambah motivasi. Jika nanti juara umum, kami persembahkan khusus untuk David Jacobs," tuturnya.

Atlet para-tenis meja Indonesia, Komet Akbar mengaku sangat kehilangan rekan atau partner di dalam maupun luar lapangan yakni David Jacobs. "Tentu saja sangat kehilangan. Medali emas beregu ini akan kami persembahkan untuk almarhum sahabat saya, David Jacobs," tutur Komet Akbar.

Baca juga: APG 2023: Bulu tangkis targetkan delapan emas
Baca juga: APG 2023: Timnas bola basket kursi roda putra gagal sabet medali


Komet Akbar akan turun di nomor single TT-10, double TT-10, mix double TT-10, dan tim TT-10. Di nomor double, seharusnya Komet berpasangan dengan almarhum David Jacobs. "Saya akan berpasangan dengan Hilmi Azizi, menggantikan sahabat saya di nomor double TT-10. Persiapan baru sepekan terakhir dan saya fokus di nomor double," terang Komet Akbar.

Tim para-tenis meja APG 2023 diperkuat oleh 36 atlet dengan target realistis yakni 13 medali emas. Setelah selesai proses klasifikasi, dinyatakan 36 atlet Indonesia siap turun bertanding.