Pemkan Loteng bantu anak yatim piatu hafiz kuliah kedokteran

id Hafiz Lombok Tengah,Hafiz,Hafiz yatim piatu,Hafiz Kedokteran,Lombok Tengah

Pemkan Loteng bantu anak yatim piatu hafiz kuliah kedokteran

Suasana penandatanganan kerja sama di bidang pendidikan antara Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah dan Universitas Islam Al Azhar Mataram pada Jumat (9/6/2023). (ANTARA/Humas Pemkab Lombok Tengah)

Praya (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah di Provinsi Nusa Tenggara Barat menjalin kerja sama dengan Universitas Islam Al Azhar Mataram untuk membantu hafiz yatim piatu menempuh pendidikan kedokteran.

Usai penandatanganan nota kesepahaman kerja sama dengan Universitas Islam Al Azhar Mataram di halaman Kantor Bupati Lombok Tengah, Bupati Lombok Tengah H Lalu Pathul Bahri menyampaikan bahwa pemerintah daerah berkomitmen untuk meningkatkan pendidikan warga.

Komitmen itu antara lain diwujudkan dengan memberikan beasiswa pendidikan kedokteran kepada hafiz yatim piatu yang lolos seleksi. "Ketika para penghafal Quran ini nantinya telah menyelesaikan pendidikan kedokteran, mereka akan menjadi garda terdepan dalam membantu dan peduli terhadap anak-anak yatim piatu di Kabupaten Lombok Tengah dengan memberikan pengobatan secara gratis," kata Bupati.

Bupati menjelaskan bahwa dana yang digunakan untuk memberikan beasiswa pendidikan kedokteran kepada  hafiz yatim piatu berasal dari sedekah aparatur sipil negara di lingkungan Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah.

Lebih dari Rp2 miliar dana yang terkumpul dari sedekah aparatur sipil negara, menurut dia, sebagian di antaranya akan digunakan untuk memberikan beasiswa pendidikan kedokteran kepada 10 anak yatim piatu penghafal Al Quran.

Baca juga: Denpasar dan YBI siapkan paket bantuan anak yatim piatu
Baca juga: Pelindo Regional 4 santuni 4.825 orang anak yatim piatu


Kerja sama dengan Universitas Islam Al Azhar Mataram, merupakan bagian dari upaya Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah untuk memfasilitasi hafiz yatim piatu menempuh pendidikan kedokteran. "Program ini untuk mewujudkan masa depan yang lebih baik bagi Kabupaten Lombok Tengah," kata Bupati.

Rektor Universitas Islam Al Azhar Mataram Muh Ansyar berharap kerja sama fasilitasi pendidikan dengan Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah berjalan dengan baik. "Kami berupaya bergandengan tangan dengan Pemkab Lombok Tengah dan kami berharap dapat menghasilkan yang terbaik bagi kita semua," katanya.