Harga cabai dan daging ayam di Mataram turun

id harga cabai di Mataram turun,Mataram, kebutuhan pokok di Mataram

Harga cabai dan daging ayam di Mataram turun

Dokumen: pedagang cabai bazar gerakan pangan murah (GMP) Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, didatangi pembeli, Senin (26/6-2023) (ANTARA/Nirkomala)

Mataram (ANTARA) - Dinas Perdagangan Kota Mataram Provinsi Nusa Tenggara Barat menyebutkan harga cabai keriting dan daging ayam broiler di sejumlah pasar tradisional di daerah itu sudah turun.

"Kondisi itu terjadi, karena pasokan cabai keriting dan daging ayam broiler sekarang sudah normal," kata Kepala Bidang Pengendalian Bahan Pokok dan Penting Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Mataram Sri Wahyunida di Mataram, Rabu.

Berdasarkan pantauan harga di Pasar Mandalika pada Rabu ini, dia menyebutkan harga cabai keriting yang sebelumnya Rp40.000 per kilogram kini sudah turun menjadi Rp30.000 per kilogram. Begitu juga dengan daging ayam broiler sudah turun menjadi Rp35.000 per kilogram dari Rp38.000 per kilogram. Sedangkan harga telur ayam stabil Rp1.900 per butir.

Sementara, untuk harga cabai rawit hari ini turun dari Rp25.000 per kilogram menjadi Rp23.000 per kilogram, begitu juga dengan cabai merah besar dari Rp27.000 per kilogram menjadi Rp25.000 per kilogram.

"Alhamdulillah, berbagai kebutuhan pokok saat ini harganya sudah stabil. Semoga tidak ada gejolak harga lagi, yang penting masyarakat tidak panik, Insyaallah harga bisa terkendali," katanya

Menurut Sri sebelumnya, kenaikan harga cabai keriting pada Senin (3/7) dipicu karena pasokan kurang sehingga pedagang biasanya dapat 1-2 ton per minggu, hanya dapat sekitar 10 kilogram.

"Tapi ini, pasokan sudah mulai stabil," katanya.

Baca juga: Disdag Mataram pantau harga kebutuhan pokok menjelang Idul Adha
Baca juga: Stabil harga telur ayam menjelang Idul Adha di Sumsel


Di Kota Mataram, pasokan cabai kerting datang dari beberapa kabupaten/kota penyangga, tapi yang paling banyak dari Kabupaten Lombok Timur dan Lombok Utara. Sementara berdasarkan pantauan harga kebutuhan pokok hari ini, katanya lagi, selain telur, daging ayam dan daging sapi, sejumlah kebutuhan pokok lainnya juga masih stabil.

Seperti beras medium juga masih stabil Rp9.500 per kilogram, premium Rp12.500 per kilogram, gula pasir Rp15.000 per kilogram, dan minyak goreng curah juga masih stabil Rp16.000 per kilogram. Begitu juga dengan berbagai komoditas pertanian lainnya seperti tomat Rp3.000 per kilogram, bawang merah Rp30.000 per kilogram, dan bawang putih Rp34.000 per kilogram.