Temanggung ajak masyarakat gunakan hak pilih Pemilu 2024

id kirab, pemilu, temanggung,Pemilu Serentak

Temanggung ajak masyarakat gunakan hak pilih Pemilu 2024

Ketua KPU Kabupaten Temanggung M. Yusuf Hasyim menyerahkan bendera partai kepada ketua partai politik pada Kirab Pemilu 2014 di Temanggung. ANTARA/Heru Suyitno

Temanggung (ANTARA) - Masyarakat di Kabupaten Temanggung yang telah mempunyai hak pilih diajak untuk menggunakan hak suaranya pada Pemilu 2024 kata Bupati Temanggung M. Al Khadiq. "Dengan sosialisasi ini diharapkan masyarakat Temanggung nanti memberikan hak pilihnya agar partisipasi politik di Kabupaten Temanggung nanti angkanya bisa tinggi," katanya di Temanggung, Sabtu.

Ia menyampaikan hal tersebut usai mengibarkan bendera start kirab Pemilu di depan Pendopo Pengayoman Kabupaten Temanggung. Khadziq menyampaikan selama ini partisipasi politik di Kabupaten Temanggung sudah relatif baik, di atas angka 80 persen. "Semoga nanti di tahun 2024 bisa meningkat lagi atau masyarakat semakin banyak memberikan hak suaranya dan kualitas pemilu akan menjadi semakin baik," katanya.

Ia optimistis pemilu di Kabupaten Temanggung akan terlaksana dengan aman dan damai. Semoga bisa melahirkan pemimpin-pemimpin yang lebih berkualitas. Ketua KPU Kabupaten Temanggung M. Yusuf Hasyim mengatakan kirab pemilu ini merupakan agenda nasional, makna yang bisa diambil adalah dari kirab yang mengelilingi kabupaten/kota se-Indonesia ini sesuai tujuan dilaksanakan Pemilu 2024 yaitu pemilu sebagai sarana integrasi bangsa.

Oleh karena itu, katanya kirab pemilu yang dilaksanakan di Kabupaten Temanggung dan tepat dalam peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI ini membawa maksud bahwa pemilu semata-mata bukan sekadar arena perebutan kekuasaan tetapi semangat kemerdekaan, yaitu menjunjung tinggi nilai kesatuan dan persatuan bangsa Indonesia.

"Maka rangkaian kegiatan kirab yang dilaksanakan di Kabupaten Temanggung salah satunya adalah memperingati HUT RI sambil kita memberikan informasi dan sosialisasi Pemilu 2024 di semua kalangan," katanya.

Ia menyebutkan hari ini melaksanakan pawai mobil partai peserta pemilu mengelilingi kecamatan-kecamatan di Kabupaten Temanggung, yang bertujuan untuk menyampaikan informasi dan sosialisasi bahwa penyelenggara pemilu di Kabupaten Temanggung siap melaksanakan pemilu yang berintegritas.

Baca juga: MA tolak PK sengketa proses pemilu diajukan Partai Prima
Baca juga: Balon Capres Anies terima lima nama rekomendasi cawapres


Yusuf menuturkan rangkaian kirab pemilu di Kabupaten Temanggung pada 12-18 Agustus 2024, dengan sasaran antara lain pemilih pemula, kemudian disabilitas di Penganthi dan Sentra Terpadu Kartini, keramaian di Pasar Parakan dan Pasar Ngadirejo.