KPU Subang Jabar berharap kirab pemilu tingkatkan partisipasi masyarakat

id Kirab pemilu, pemilu 2024, pemilih, partisipasi masyarakat

KPU Subang Jabar berharap kirab pemilu tingkatkan partisipasi masyarakat

Kirab pemilu di Subang. (ANTARA/HO-Pemkab Subang)

Subang (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Subang, Jawa Barat, berharap Kirab Pemilu yang telah digelar dengan melibatkan berbagai pihak, bisa meningkatkan partisipasi masyarakat pada Pemilu 2024.

Ketua KPU Subang, Suryaman, di Subang, Senin, mengatakan bahwa Kirab Pemilu merupakan bagian dari sosialisasi pemilu, bertujuan untuk menyampaikan ke masyarakat bahwa pesta demokrasi akan segera dilaksanakan.

Seiring dengan hal tersebut, diharapkan akan meningkatkan partisipasi masyarakat pada pemilu nanti. Sebab partisipasi masyarakat ini sangat diperlukan untuk bekerja sama dalam menciptakan pemilu yang aman, jujur, dan adil.

Kirab Pemilu 2024 mengusung tema 'Pemilu sebagai Sarana Integrasi Bangsa', diikuti oleh seluruh penyelenggara pemilu serta diikuti 18 partai politik yang tercatat sebagai peserta pemilu di Subang.

Masing-masing parpol yang mengikuti kegiatan itu menggunakan atribut serta tidak diperkenankan menampilkan foto calon legislatif maupun calon presiden dan calon wakil presiden.

Pada kesempatan itu, dilakukan pula pembacaan deklarasi Pemilu Damai yang dipimpin oleh Ketua KPU Subang dan penandatanganan deklarasi pemilu sebagai sarana integrasi bangsa oleh Bupati Subang Ruhimat, KPU, Bawaslu, unsur Forkopimda, dan ketua partai politik.

Baca juga: Ketum PSI Kaesang harapkan pasar tradisional di Medan lebih modern
Baca juga: Megawati inginkan pilpres ditegakkan sesuai Pancasila


Adapun rute kirab pemilu di Subang digelar mulai dari halaman kantor Bupati Subang - Wisma Karya - Jalan Ahmad Yani - Jalan Letjen Soeprapto - Jalan MT Haryono - Jalan Ki Hajar Dewantara - Jalan Arif Rahman Hakim - Jalan Mayjen Sutoyo - Jalan Otista - Jalan D.I.Panjaitan dan kembali ke halaman kantor Bupati Subang.