HUT RI, Kesenian musik asal KSB tampil di Istana Negara

id Kesenian musik Sumbawa Barat ,HUT RI,Kesenian musik asal Sumbawa Barat tampil,Kesenian musik asal Sumbawa Barat di Istan

HUT RI, Kesenian musik asal KSB tampil di Istana Negara

Tim kesenian musik asal Sumbawa Barat, NTB saat tampil di Istana Negara di Jakarta pada peringatan HUT RI, Kamis (17/8/2023) (ANTARA/Humas Pemkab Sumbawa Barat)

Mataram (ANTARA) - Kesenian musik "Temung serama pakan jaran" asal Kabupaten Sumbawa Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat tampil di Istana Negara pada peringatan proklamasi kemerdekaan atau hari ulang tahun (HUT) Ke-78 Republik Indonesia.

Bupati Sumbawa Barat Dr Musyafirin dalam keterangan tertulisnya di Mataram, Kamis mengatakan, di hadapan para tamu undangan VVIP pada saat sebelum pelaksanaan peringatan detik-detik proklamasi, tim kesenian tampil dengan sangat memukau diiringi suara serunai melengking, tabuhan gong tenang memecah suasana ditambah dengan ekspresi para pemain yang energik.

"Aksinya turut memancing para penonton untuk memberikan aplause dalam penampilan tersebut," katanya.

Ketua pelatih Surdiana menambahkan, tim kesenian musik yang tampil di Istana negara pada peringatan HUT RI ini terdiri dari 30 orang seniman. Mereka memainkan alat musik Temung serama pakan jaran selama kurang lebih 5 jam dengan tampilan 5 materi yaitu bakelong, malangko, serama, pakan jaran, dan kolaborasi keseluruhan materi kesenian tersebut.

"Temung serama pakan jaran menggambarkan keceriaan masyarakat Sumbawa Barat dalam keseharian," katanya.

Sehingga permainan para pemusik dalam memainkan alat musik nya penuh dengan kegairahan dan keceriaan.

Rombongan tim kesenian Kabupaten Sumbawa Barat langsung dipimpin oleh Bupati dan tiba dua hari sebelumnya di Jakarta dan melakukan persiapan - persiapan termasuk melaksanakan gladi bersih di Istana Negara.

"Terpilihnya tim kesenian musik Kabupaten Sumbawa Barat untuk mengisi acara di Istana Negara, sebelumnya telah melewati proses penilaian Tim dari Istana, dan dianggap layak untuk tampil pada cara perayaan HUT RI, 17 Agustus 2023," katanya.