Pemkab Sumbawa Barat menerapkan arsip berbasis teknologi

id Kabupaten Sumbawa Barat ,Aplikasi Srikandi

Pemkab Sumbawa Barat menerapkan arsip berbasis teknologi

Bupati Sumbawa Barat, NTB, Dr Musyafirin saat peluncuran aplikasi Srikandi di kantor bupati setempat, Kamis (12/10/2023) (ANTARA/HO-Humas Pemkab Sumbawa Barat)

Mataram (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB), mulai menerapkan arsip berbasis teknologi dengan meluncurkan aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (Srikandi).

Bupati Kabupaten Sumbawa Barat Musyafirin, Kamis, menyampaikan apresiasi atas dimulainya penerapan aplikasi Srikandi tersebut . Program ini harus diikuti dengan kemampuan semua organisasi perangkat daerah (OPD) dalam hal mengakses aplikasi tersebut.

“Sekarang banyak kepala dinas yang tidak terlalu ramah dengan teknologi. Kepada saudara yang sudah dilatih, harus tetap memberikan masukan kepada yang lainnya,” katanya saat meluncurkan program aplikasi Srikandi.

Transformasi pengelolaan kearsipan dari manual ke berbasis teknologi, kata Bupati, memberikan dampak yang cukup signifikan dalam hal kearsipan. Bayangkan saja dulu untuk menemukan dokumen pembentukan Kabupaten Sumbawa Barat saja masih tercecer dan pengelolaan kearsipan masih belum maksimal.

“Dengan Srikandi ini, maka akan terjaga dan mudah kita identifikasi dokumennya," katanya.

Namun, itu membutuhkan komitmen dari semua OPD untuk bersungguh sungguh dalam menerapkan dan mengembangkan Srikandi ini.

Dengan penerapan Srikandi di masing masing OPD juga, sambung dia, maka bisa menjadi peluang bagi tenaga honorer untuk menjadikan aspirasi dengan status Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dan bahkan PNS.