KPU Temanggung menerima 3.200 kotak suara

id KPU, temanggung,kotak suara

KPU Temanggung menerima 3.200 kotak suara

Para pekerja menurunkan kotak suara dari atas truk di Temanggung, Jawa Tengah, Sabtu (2/12/2023). ANTARA/Heru Suyitno

Temanggung (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Temanggung, Sabtu (2/12), menerima 3.200 buah kotak suara untuk pemungutan suara di tempat pemungutan suara (TPS) pada tanggal 14 Februari 2024.

"Kami sore hari ini menerima kembali kotak suara sebanyak 3.200 buah kotak suara," kata Ketua KPU Kabupaten Temanggung Henry Sofyan Rois di Temanggung, Jawa Tengah.

Sebelumnya, KPU setempat menerima 2.700 kotak suara sehingga total kotak suara sebanyak 5.900 dari total kebutuhan 12.630 kotak suara.

"Dua hari lalu menerima sebanyak 2.700 kotak suara. Ini pengadaan masih dari perusahaan yang sama PT Surya Prima Semesta dari Sidoarjo, Jawa Timur," katanya.

Sesuai dengan ketentuan setiap kali ada logistik datang KPU, kata Henry, memberitahukan kepada bawaslu setempat agar mereka juga ikut mengawasi pembongkaran atau penerimaan logistik kota suara.

"Setiap akan menerima logistik, terutama kotak suara ini, kami diberi tahu dari pengadaannya sehari sebelumnya, terus kami juga bisa memantau dari aplikasi Silog, termasuk perjalan sampai mana kami bisa memantau dari aplikasi itu," katanya.

Begitu ada kabar, misalnya, pada hari ini akan menerima logistik, pihaknya memberitahukan kepada bawaslu setempat untuk ikut mengawasi pembongkaran logistik ini agar sesuai dengan ketentuan, kemudian bawaslu bisa melihat secara langsung barang-barang logistik tersebut.

Baca juga: KPU memastikan rekapitulasi hasil Pemilu 2024 aman dari peretasan
Baca juga: KPU Kota Denpasar gandeng dinkes fasilitasi tes kesehatan KPPS


"Jadi, setiap TPS membutuhkan lima kotak suara, sedangkan jumlah TPS di daerah ini sebanyak 1.258, jadi total 12.630 kota suara, termasuk cadangan ada 40 buah," katanya.