Palu dinobatkan sebagai Pemda terinovatif lewat BRIDA Awarad

id BRIDA Awarad, inovasi, Pemkotpalu, Pemprov Sulteng, sekkotpalu, Irmayanti Petalolo, riset, pemda

Palu dinobatkan sebagai Pemda terinovatif lewat BRIDA Awarad

Wakil Gubernur Sulawesi Tengah, Ma'mun Amir (kiri) menyerahkan plakat kepada Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palu, Irmayanti Petalolo (kanan) pada kegiatan penganugerahan Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) Award 2023 sebagai daerah terinovatif se-Sulteng berlangsung di Palu, Jumat (8/12/2023). ANTARA/HO-Humas Pemkot Palu

Palu (ANTARA) -
Pemerintah Kota Palu dinobatkan sebagai Pemerintah Daerah (Pemda) terinovatif se-Sulawesi Tengah lewat penganugerahan Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) Award 2023.
 
"Penghargaan ini hasil kerja keras semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkungan Pemkot Palu dalam membangun daerah yang lebih maju dan unggul," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palu Irmayanti Petalolo usai menerima penghargaan di Palu, Jumat.
 
Ia menjelaskan, prestasi ini dijadikan sebagai pemacu bagi Pemkot untuk meningkatkan kinerja dalam menumbuhkan kembangkan pembangunan berkelanjutan.
 
BRIDA Award merupakan kegiatan perdana yang dilaksanakan oleh Pemprov Sulteng untuk meningkatkan hasil riset dan inovasi daerah.
 
Sebagai mana tema yang diusung yakni manfaatkan hasil riset dan inovasi dalam menunjang pembangunan daerah sebagai upaya mewujudkan Sulawesi Tengah lebih sejahtera dan lebih maju.
 
"Penghargaan ini menjadi motivasi ke depan, karena masih banyak tantangan dalam memajukan daerah. Saya berharap ke depan OPD semakin giat dalam menciptakan inovasi-inovasi baru dalam pengembangan kota," ujarnya.
 
Wakil Gubernur Sulteng Ma'mun Amir mengemukakan, ajang penghargaan BRIDA menjadi agenda tahunan pemerintah setempat, oleh karena itu kabupaten/kota dituntut harus mampu menciptakan inovasi-inovasi baru yang selanjutnya menjadi karya berguna untuk kepentingan daerah masing-masing.
 
Paling tidak tahun depan, 13 kabupaten/kota di Sulteng dapat mencapai Innovative Government Award (IGA) minimal pencapaian baik, sebagai penilaian dan apresiasi Pemerintah Pusat terhadap semangat serta keberhasilan Pemda dalam penyelengaraan pemerintahan dengan cara-cara inovatif.
 
Kemudian, semboyan "satu instansi satu inovasi" ditingkatkan menjadi "satu instansi minimal tiga inovasi" supaya dapat masuk kategori penerapan, selain itu perlunya apresiasi terhadap Aparatur Sipil Negara (ASN) dan pimpinan perangkat daerah yang telah berkomitmen untuk berinovasi.
 
"Konsep-konsep ini kami ramu untuk penguatan BRIDA Award ke depan," ucapnya.

Baca juga: Pembelajaran digital ITS raih penghargaan dari Unesco
Baca juga: Pemprov Jabar beri penghargaan pada 126 perusahaan motivasi penerapan K3
 
Pada kegiatan penganugerahan BRIDA Award 2023, Pemprov Sulteng memberikan sejumlah penghargaan kategori, diantaranya ASN terinovatif, pimpinan perangkat daerah terinovatif, perangkat daerah terinovatif, Pemda terinovatif, dan lainnya.