Disnakertrans NTB Sediakan 1.329 Lowongan Pekerjaan

id Lowongan Kerja

Disnakertrans NTB Sediakan 1.329 Lowongan Pekerjaan

Dokumen - Ratusan pencari kerja memadati arena 'Job Fair' NTB 2015 yang diselenggarakan oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi NTB di Gelanggang Pemuda Mataram, NTB. (1)

"Bursa kerja ini menjadi kesempatan bagi para pencari kerja, silakan berkompetisi tanpa ada pungutan apa pun"
Mataram (Antara NTB) - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat menyediakan sebanyak 1.329 lowongan pekerjaan melalui kegiatan "Job Fair" atau pameran bursa kerja yang akan digelar di Lombok Epicentrium Mall, Kota Mataram pada 24-25 Agustus 2016.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Nusa Tenggara Barat (NTB) H Wildan, di Mataram, Senin, mengatakan ribuan pekerja tersebut dibutuhkan oleh 30 perusahaan yang akan mengikuti kegiatan pameran bursa kerja.

"Bursa kerja ini menjadi kesempatan bagi para pencari kerja, silakan berkompetisi tanpa ada pungutan apa pun dari panitia penyelenggara dan perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja," katanya.

Ia mengatakan, Pameran Bursa Kerja 2016 bertujuan untuk mempertemukan secara langsung pencari kerja kepada perusahaan pengguna tenaga kerja, sehingga dapat menekan angka pengangguran daerah.

Menurut Wildan, sebagian besar perusahaan yang terlibat dalam bursa kerja adalah lembaga swasta, baik yang bergerak di sektor pariwisata, perdagangan, otomotif dan industri jasa keuangan.

Tenaga kerja yang paling banyak dicari dalam bursa kerja nanti adalah untuk sektor perdagangan, diusul sektor pariwisata dan industri jasa keuangan.

"Melalui pameran bursa kerja, para pencari kerja dapat mengetahui informasi lowongan kerja yang terbaru dan memilih jenis pekerjaan yang sesuai dengan bakat, minat dan kemampuan," ujarnya.

Disnakertrans NTB, kata dia, setiap tahun menggelar pameran bursa kerja dengan dana APBN dan APBD.

Pada pameran bursa kerja tahun 2013 tersedia sebanyak 1.403 lowongan kerja, namun yang terisi 1.014 lowongan. Kemudian pada tahun 2014 sebanyak 1.630 lowongan kerja, namun terisi 1.137 lowongan, sedangkan pada bursa kerja tahun 2015, tersedia sebanyak 2.278 lowongan kerja, namun terisi sebanyak 2.104 lowongan.

Menurut Wildan, lowongan kerja yang tidak terisi dipengaruhi beberapa faktor, di antaranya adanya pencari kerja tidak memenuhi persyaratan kualifikasi jabatan yang dibutuhkan oleh perusahaan. Misalnya, pengalaman kerja, keterampilan, pendidikan dan lain sebagainya.

Selain itu, pencari kerja dapat memenuhi persayaratan tetapi terbentur pada umur yang ditentukan oleh perusahaan dan pencari kerja sudah diterima, namun tidak mau ditempatkan di luar Kota Mataram.

"Makanya, saya mengimbau kepada para calon pencari kerja untuk benar-benar mempersiapkan administrasi. Kemudian komitmen dengan pilihan lowongan pekerjaan, jangan sampai sudah diterima kemudian mundur di tengah jalan," katanya. (*)