ASN di Lombok Utara diingatkan agar netral pada Pemilu 2024

id Netralitas ASN ,Pemilihan umum ,Pemilu 2024,Debat Capres ,NTB ,Lombok Utara

ASN di Lombok Utara diingatkan agar netral pada Pemilu 2024

Sekda Lombok Utara Anding Duwi Cahyadi saat memimpin upacara paripurna perdana 2024 di halaman kantor bupati setempat, Senin (22/01/2024) (ANTARA/HO-Humas Pemkab Lombok Utara)

Termasuk foto bersama dapat dikenakan sanksi moral dan disiplin berdasarkan keputusan bersama

Mataram (ANTARA) - Sekretaris Daerah Lombok Utara, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) mengingatkan para aparatur sipil negara (ASN) untuk tetap menjaga netralitas pada Pemilihan Umum  tanggal 14 Februari 2024.

"Menghadapi Pemilu 2024 sesuai dengan kesepakatan bersama Kemendagri, Bawaslu, Menpan RB, BKN dan KSN telah menerbitkan pedoman pembinaan dan pengawasan netralitas ASN dalam Pemilu," kata Sekda Anding Duwi Cahyadi saat upacara paripurna pertama di 2024 di halaman kantor Bupati Lombok Utara, Senin.

Ia mengatakan ASN berfungsi sebagai pelaksana kebijakan publik, pelayanan publik dan perekat serta pemersatu bangsa, sehingga dalam pemilu tentu fungsi tersebut menjadi sorotan masyarakat, gerak gerik pegawai ASN di sosial media juga mengundang perhatian masyarakat luas, membuat postingan, memberikan komen, like dan share bahkan bergabung dalam group bakal calon.

"Termasuk foto bersama dapat dikenakan sanksi moral dan disiplin berdasarkan keputusan bersama," katanya.

Baca juga: Pemkab Lombok Utara gunakan aplikasi E-Kinerja pantau kinerja ASN

Ia mengatakan pegawai ASN harus patuh pada asas netralitas dengan tidak berpihak dari segala bentuk pengaruh mana pun dan tidak memihak pada kepentingan tertentu serta tidak mudah terpengaruh ujaran kebencian dan berita hoaks.

"Kita semua harus membiasakan diri meningkatkan literasi, memposisikan diri sebagai pihak netral, tidak masuk dalam arena politik yang bukan ranah ASN, semua harus bersikap netral dan menjadi contoh yang baik dalam upaya menyukseskan pelaksanaan pemilu khususnya di Lombok Utara," katanya.

Ia mengatakan pada 2023 Pemda Lombok Utara telah berhasil meraih berbagai penghargaan baik tingkat nasional maupun provinsi di berbagai bidang.

"Memasuki bulan pertama di tahun 2024, saya mengharapkan kepada setiap perangkat daerah agar mulai melaksanakan program/kegiatan sesuai dengan DPA yang disusun," katanya.

Dalam menjalankan setiap program atau kegiatan perlunya menguatkan sinergi dan kerja di antara perangkat daerah dan memberikan pelayanan publik.

"Sehingga pelaksanaan APBD tahun 2024 bermanfaat nyata bagi masyarakat," katanya.

Baca juga: Bupati Lombok Utara silaturahmi dan bukber bersama ASN
Baca juga: Bupati Lombok Utara lantik 10 Kades