Platform inDrive kembangkan layanan dukung UMKM

id indrive,indrive kurir,indrive truk,logistik,umkm

Platform inDrive kembangkan layanan dukung UMKM

Sesi diskusi bertajuk “inDrive for Business Partner and Media Gathering 2024” di Jakarta, Selasa (30/1). (ANTARA/Ahmad Faishal)

Jakarta (ANTARA) - Platform layanan mobilitas dan perkotaan global inDrive berkomitmen untuk mendukung perkembangan bisnis khususnya Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) terkait popularitas pengiriman barang berbasis aplikasi yang terus, meningkat seiring dengan semakin banyak orang yang menemukan kenyamanan dan kemudahan penggunaan metode ini.

Dalam sebuah sesi bertajuk “inDrive for Business Partner and Media Gathering 2024” di Jakarta, Selasa, Business Development Specialist - Courier SEA inDrive Harris Rilandi menyatakan bahwa pihaknya berkomitmen untuk mendukung pertumbuhan UMKM melalui layanan inovatif inDrive. 

“inDrive berkomitmen untuk menjadi fasilitator pertumbuhan ekonomi dan pendukung pengembangan usaha kecil. Kami akan terus mengoptimalkan platform ini agar memberikan manfaat maksimal bagi UMKM. Bersama inDrive, kami berharap UMKM dapat tumbuh dan berkembang, menjadi kekuatan ekonomi yang semakin tangguh di masa depan,” papar dia.

Menurut Harris, pihaknya optimistis dengan hadirnya inDrive di Indonesia dapat menjadi warna tersendiri terhadap industri logistik. Selain kecepatan, inDrive Kurir & inDrive Truk juga memastikan keterjangkauan harga. Fitur unik dalam aplikasi ini adalah pengguna dapat menetapkan harga sendiri untuk pengiriman dan melakukan negosiasi secara langsung dengan kurir.

"Harga yang adil itu bukan sesuatu angan-angan. Harga yang dapat disetujui adalah kenyataan yang bisa dilakukan di inDrive Kurir dan inDrive Truk," kata dia.
 
Business Development Specialist - Courier SEA inDrive Harris Rilandi menyampaikan pemaparan dalam acara bertajuk “inDrive for Business Partner and Media Gathering 2024” di Jakarta, Selasa (30/1). (ANTARA/Ahmad Faishal)


Harris menjelaskan bahwa layanan inDrive Kurir dan inDrive Truk memastikan keamanan dan transparansi dalam proses pemesanan ataupun pengiriman. Semua kurir, lanjut dia, akan melalui proses verifikasi, termasuk proses persetujuan manual yang dilakukan secara menyeluruh. Kemudian, pengguna dapat melacak pesanan mereka di aplikasi untuk memastikan paket mereka dikirim sesuai rencana.

inDrive Truk adalah layanan pengiriman sesuai permintaan dan pada hari yang sama untuk pengiriman lebih dari 20 kilogram. inDrive Truk dapat menerima barang non-cair mulai dari 20 kilogram hingga 20 ton pada rute jarak jauh dalam kota dan antarkota. Layanan ini menargetkan perusahaan kecil dan menengah, seperti kafe dan toko, serta perusahaan industri kecil (seperti pabrik dan perusahaan konstruksi), pusat logistik dan gudang.

Andersson Watulingas selaku Business Development Cargo SEA&O inDrive mengatakan, pada saat ini layanan inDrive berfokus di sejumlah kota seperti Palembang, Makassar, dan Malang dengan pertimbangan bahwa ketiga wilayah tersebut masuk ke dalam enam kota besar di Indonesia dengan torehan Produk Domestik Bruto (PDB) dan potensi bisnis yang cukup besar.

"Di Palembang dan Makassar banyak industri seperti manufaktur, otomotif, dan kreatif yang membutuhkan jasa pengiriman besar seperti truk. Terlebih Makassar sendiri merupakan pintu dari Indonesia Timur menuju kota-kota lain di Pulau Sulawesi. Begitu juga di daerah Palembang yang memiliki port besar dan akses untuk pengembangan bisnis jasa kargo," tutur Andersson.

Baca juga: Jurnalis harus dapat hak normatif sebagai pekerja kantor
Baca juga: Jokowi joget bareng WNI dan pengendara ojol di Vietnam


Sedangkan di Kota Malang, Andersson melanjutkan, layanan inDrive Truk akan banyak digunakan untuk aktivitas pindah lokasi menetap.

"Di Malang banyak mahasiswa atau pelajar yang menggunakan jasa pengiriman menggunakan inDrive Truk untuk mendapatkan harga yang lebih murah, terjangkau, dan aman. Tidak dimungkiri, UMKM di Malang sangat banyak dan mereka tidak hanya menggunakan inDrive Truk namun juga inDrive Kurir," jelas dia.

Sesi “inDrive for Business Partner and Media Gathering 2024” juga menjadi ajang untuk membina kemitraan dan kolaborasi yang erat antara inDrive, UMKM, dan para pakar industri terkait. Turut hadir dalam acara tersebut Raymond Eka Putra selaku Sales Team Lead SEA Region Courier inDrive dan Harris Sofyan Hardwin sebagai Ketua Umum Asosiasi UMKM Indonesia (AKUMINDO).