Pemkot Mataram siapkan mobil toilet keliling di sejumlah titik

id toilet mataram,Mobil toilet keliling,pemkot mataram

Pemkot Mataram siapkan mobil toilet keliling di sejumlah titik

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Mataram Lalu Alwan Basri. (ANTARA/Nirkomala)

Mataram (ANTARA) - Pemerintah Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat menyediakan fasilitas toilet portabel atau mobil toilet keliling untuk memudahkan keperluan warga untuk buang air kecil atau besar di lokasi-lokasi yang tidak terdapat toilet permanen.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Mataram Lalu Alwan Basri di Mataram, Sabtu, mengatakan pengadaan toilet portabel tahun ini menjadi prioritas Pemerintah Kota Mataram.

"Kita sebagai ibu kota Provinsi NTB kerap kali jadi tuan rumah kegiatan akbar, baik skala nasional maupun internasional, sehingga fasilitas tersebut sangat penting," katanya.

Pengadaan fasilitas itu, termasuk kajian kebutuhan, katanya, segera disiapkan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Mataram.

Sebenarnya, kata dia, Kota Mataram sudah memiliki toilet portabel di beberapa organisasi perangkat daerah (OPD). Selain di Dinas PUPR juga ada di Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Mataram. Hanya saja, kondisi saat ini sudah tidak layak.

"Bukan tidak layak lagi, tapi sangat tidak layak," katanya.

Terkait dengan itu, Sekda Lalu Alwan Basri sudah meminta Dinas PUPR memprioritaskan pengadaan toilet portabel dengan kualitas yang lebih baik pada tahun ini.

Jika memungkinkan, katanya, toilet portabel dilengkapi dengan fasilitas tambahan, seperti wastafel, cermin, sabun, dan pencahayaan, agar pengguna bisa lebih nyaman.

"Fasilitas toilet portabel yang ada saat ini merupakan produk lama dan buatan lokal. Kita ingin toilet portabel yang lebih modern dan bagus agar tetap bersih dan bisa memberikan rasa nyaman bagi pengguna," katanya.

Dengan demikian, katanya, ketika ada kegiatan atau acara-acara tertentu di ruang terbuka yang tidak memiliki fasilitas toilet permanen, maka toilet portabel bisa disiapkan.

"Paling tidak toilet portabel kita layak, bersih, dan nyaman," katanya.