Dukung pembangunan daerah, AMMAN setorkan dana bagi hasil porsi daerah Rp437 Miliar

id AMMAN,pembangunan daerah,dana bagi hasil porsi daerah

Dukung pembangunan daerah, AMMAN setorkan dana bagi hasil porsi daerah Rp437 Miliar

XXX near Amman Mineral's mining facility in Sumbawa, Indonesia. (No Photographer's Credit Allowed/Adam Dean)

Peraturan tersebut salah satunya mengatur kewajiban pembayaran 6 persen kepada pemerintah daerah dari keuntungan bersih sejak berproduksi
Sumbawa Barat (ANTARA) - PT Amman Mineral Mineral Nusa Tenggara (AMMAN) telah menyelesaikan pembayaran bagian Pemerintah Daerah atas keuntungan bersih Izin Usaha Pertambangan Khusus–Operasi Produksi (IUPK–OP) (Bagi Hasil) AMMAN kepada Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Kabupaten Sumbawa Barat (KSB - sebagai daerah penghasil), dan Pemerintah kabupaten/kota lainnya senilai Rp 437 miliar (US$ 28 juta).

Presiden Direktur PT Amman Mineral Nusa Tenggara Rachmat Makkasau dalam keterangan tertulisnya, Rabu, mengatakan, pembayaran tersebut dilakukan untuk memenuhi amanat Pasal 129 Undang-Undang Republik Indonesia No. 3 tahun 2020 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2009 tentang Pertambangan dan Mineral dan Batu Bara. 

"Peraturan tersebut salah satunya mengatur kewajiban pembayaran 6 persen kepada pemerintah daerah dari keuntungan bersih sejak berproduksi," ujarnya.

Menurutnya, penyelesaian pembayaran ini merupakan wujud komitmen AMMAN untuk selalu mematuhi seluruh peraturan dan perundang-undangan yang berlaku. 

AMMAN, lanjut dia, dapat menjalankan operasional dengan optimal sehingga bisa meraih keuntungan, tentu tidak terlepas dari dukungan pemerintah mulai dari level pusat hingga daerah. 

"Karenanya, kami berharap terus mendapat dukungan bagi kelancaran bisnis dan operasional perusahaan agar dapat memberikan manfaat bagi perekonomian nasional dan daerah, sehingga bisa semakin menyejahterakan masyarakat, terutama di lingkar tambang," kata Rachmat.

Pembayaran Bagi Hasil ini merupakan kontribusi Perusahaan di luar pajak dan royalti yang secara
rutin telah dibayarkan oleh AMMAN. Pekan lalu, PT Amman Mineral Nusa Tenggara baru saja
menerima penghargaan dari Direktorat Jenderal Pajak – Kantor Pelayanan Pajak Pratama Sumbawa
Besar sebagai Pembayar Pajak Terbesar. 

Selain itu, kata dia, PT Amman Mineral Integrasi juga mendapatkan penghargaan sebagai Badan Pendukung Penerimaan Pajak Terbaik. Penghargaan ini diperoleh antara lain karena kepatuhan pembayaran dan pelaporan pajak, serta nilai pembayaran pajak selama tahun pajak 2023.