Waspada!! Puluhan pohon tumbang akibat cuaca ekstrem di Mataram

id pohon tumbang Mataram,pohon tumbang,waspadai,cuaca ekstrem

Waspada!! Puluhan pohon tumbang akibat cuaca ekstrem di Mataram

Evakuasi pohon tumbang di depan Pasar ACC Ampenan, merupakan salah satu titik pohon tumbang di Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggra Barat, akibat cuaca ekstrem. Kamis (14/3-2024). (ANTARA/HO-Dokumen Pribadi)

Sebanyak 12 pohon pada Rabu (13/3), dan 8 pohon sampai Kamis siang ini
Mataram (ANTARA) - Pemerintah Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, menyebutkan, puluhan pohon tumbang akibat cuaca ekstrem yang melanda daerah tersebut dalam beberapa hari terakhir ini.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Mataram H Nizar Denny Cahyadi di Mataram, Kamis, mengatakan, sampai saat ini jumlah pohon yang tumbang akibat angin kencang tercatat sebanyak 20 pohon.

"Sebanyak 12 pohon pada Rabu (13/3), dan 8 pohon sampai Kamis siang ini," katanya.

Menurutnya, pohon tumbang tersebut tersebar di enam kecamatan se-Kota Mataram baik di jalur-jalur utama maupun jalur alternatif seperti di Jalan Langko, Sriwijaya, Brawijaya, Jalan Arya Banjar Getas, dan Jalan AA Gde Ngurah.

Baca juga: Wali Kota Mataram pantau evakuasi pohon tumbang di Pejanggik

Pohon tumbang tersebut dari berbagai jenis antara lain pohon waru, kenari, mahoni, pohon kupu-kupu, spatudea, dan trengguli.

"Puluhan pohon tumbang dipicu cuaca ekstrem berupa angin kencang disertai hujan deras dan diperparah lagi dengan kondisi akar dan batang pohon yang sudah lapuk," katanya.

Untuk penanganan puluhan pohon tumbang tersebut, pihaknya telah menurunkan 50 lebih petugas DLH bekerja sama dengan sejumlah satgas pada organisasi perangkat daerah (OPD) terkait baik dari Dinas PUPR, BPBD, Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim), maupun satgas di tingkat kecamatan dan kelurahan.

Baca juga: DLH turunkan alat berat tangani pohon tumbang di mataram

Tim penanggulangan bencana saat ini sedang dioptimalkan untuk melakukan pembersihan ranting dan batang pohon tumbang agar arus lalu lintas bisa kembali normal.

"Puluhan pohon tumbang tersebut, sudah kita evakuasi agar tidak mengganggu arus lalu lintas," katanya.

Baca juga: Waspada!! Empat warga tertimpa pohon tumbang di Mataram

Sementara untuk hasil pembersihan dikumpulkan di tempat pengolahan sampah terpadu (TPST) dan ditargetkan proses pembersihan selesai hari ini juga.

"Semoga tidak ada lagi pohon tumbang," katanya.

Di sisi lain, Denny mengimbau masyarakat agar tetap waspada terhadap perubahan cuaca saat ini, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca juga: Pohon Tumbang di Jalan Pejanggik depan Bank NTB Syariah Mataram