NTB Siapkan Regenerasi Petani dari Lulusan SMKPP

id SMKPP Mataram

NTB Siapkan Regenerasi Petani dari Lulusan SMKPP

Kepala SMKPP Negeri Mataram Sugiarta. (Foto ANTARA NTB/Awaludin)

"Seluruh siswa kami libatkan dalam program yang dilaksanakan bekerja sama dengan kelompok tani di lima desa di Kabupaten Lombok Barat"
Mataram (Antara NTB) - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat menyiapkan regenerasi petani berkualitas dari lulusan Sekolah Menengah Kejuruan Pertanian Pembangunan Negeri Mataram.

Kepala Sekolah Menengah Kejuruan Pertanian Pembangunan (SMKPP) Negeri Mataram Sugiarta di Mataram, mengatakan untuk menciptakan lulusan yang berkualitas dilakukan dengan berbagai strategi, salah satunya melalui program Regenerasi Kelompok Tani Desa Mitra Berorientasi Bio Industri.

"Seluruh siswa kami libatkan dalam program yang dilaksanakan bekerja sama dengan kelompok tani di lima desa di Kabupaten Lombok Barat," katanya.

Ia mengatakan regenerasi petani melalui pengembangan desa mitra merupakan salah satu kegiatan SMKPP Negeri Mataram yang diamanahkan oleh Kementerian Pertanian.

Program tersebut diharapkan dapat memberikan manfaat secara langsung kepada siswa maupun masyarakat.

Sugiarta menambahkan program tersebut juga diharapkan memberi manfaat berupa terbentuknya kelompok pemuda tani di desa mitra sebagai wujud program regenerasi petani.

Selain itu, terbentuknya sikap dan perilaku wirausaha di bidang pertanian pada pemuda tani di desa mitra.

"Dengan program mitra desa berorientasi bio industri, siswa bisa praktik di lapangan dan menimba ilmu sekaligus alih teknologi dengan para petani di desa," ujarnya.

Ia menyebutkan lima desa di Kabupaten Lombok Barat yang menjadi percontohan pelaksanaan program adalah Desa Labuapi. Kelompok siswa yang bermitra dengan petani di desa itu fokus pada kegiatan agribisnis tanaman pangan dan hortikultura.

Selanjutnya, kelompok siswa yang ditempatkan di Desa Telagawaru fokus pada kegiatan pembenihan padi dan pengolahan hasil. Dan kelompok siswa di Desa Kuranji, fokus pada usaha penggemukan dan reproduksi kesehatan ternak ruminansia.

SMKPP Negeri Mataram juga bekerja sama dengan kelompok tani di Desa Kekait. Para siswa yang menjalankan program di desa itu fokus pada kegiatan pembibitan tanaman perkebunan.

Selain itu, di Desa Bagek Polak, di mana siswa fokus pada kegiatan pemuliaan dan perbenihan tanaman.

Biaya pelaksanaan kegiatan, kata Sugiarta, bersumber dari Kementerian Pertanian. Kegiatan dilaksanakan selama tiga bulan penuh, yakni mulai Agustus-Oktober 2017.

"Kami sudah menandatangani nota kesepahaman dengan kelompok tani untuk menjadi mitra program regenerasi petani selama tiga tahun," katanya. (*)