Dana pengamanan Pilkada Bima 2024 capai Rp8,5 miliar

id Pilkada 2024,Lombok Tengah ,NTB,dana pengamanan pilkada bima,pilkada bima 2024,dana pengamanan,pemkab lombok tengah

Dana pengamanan Pilkada Bima 2024 capai Rp8,5 miliar

Foto bersama Bupati Kabupaten Bima, NTB, Hj Indah Dhamayanti Putri (Tengah) saat penandatanganan NPHD dana Pilkada 2024, Jumat (5/04/2024) (ANTARA/HO-Humas Pemkab Bima)

Ini sebagai wujud dukungan pemerintah daerah bagi pengamanan penyelenggaraan Pilkada Kabupaten Bima

Mataram (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bima, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menyerahkan dana Rp8,5 miliar untuk pengamanan Pilkada serentak 27 November 2024 mendatang.

"Ini sebagai wujud dukungan pemerintah daerah bagi pengamanan penyelenggaraan Pilkada Kabupaten Bima yang akan berlangsung bulan November mendatang," kata Bupati Bima Hj Indah Dhamayanti Putri saat  melakukan Penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) tentang Pelaksanaan dan Hibah Kegiatan Pengamanan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bima 2024 antara dengan Kepolisian Resor Bima, Kepolisian Resort Bima Kota dan Komando Distrik Militer 1608 Bima, Jumat.

Ia mengatakan, total dana pengamanan Pilkada 2024 yang diserahkan sesuai NPHD sebesar Rp8,5 miliar dialokasikan Rp4 miliar kepada Polres Bima, Rp3 miliar  untuk Polres Bima Kota, Rp500 juta untuk Batalyon Brimobda dan Rp1 miliar untuk Kodim 1608 Bima.

"Dana ini untuk pengamanan Pilkada," katanya.

Bupati menginstruksikan kepada kepala perangkat daerah terkait untuk membantu pencairan anggaran tersebut sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku demi kelancaran pengamanan pada semua tahapan Pilkada serentak mendatang.

"Mari kita wujudkan Pilkada Bima yang aman dan damai," katanya.

Sehubungan dengan telah dimulainya tahapan pemilihan kepala daerah, lanjut dia, maka perlu dibahas pula aspek penganggaran sebagai salah satu komponen yang tidak terpisahkan dari tahapan tersebut.

"Setelah dilakukan tahapan pendaftaran pemilih hingga kampanye jika tidak ada halangan maka tahapan pencoblosan akan berlangsung pada minggu IV bulan November 2024," katanya.

Ia  berharap pelaksanaan Pilkada Bupati dan Wakil Bupati tersebut berjalan dengan aman, lancar  dan dijauhkan dari halangan dan rintangan.

"Siapa pun yang terpilih diharapkan akan membawa kebaikan bagi masyarakat dan daerah Kabupaten Bima," katanya.