Harga daging sapi di Mataram tembus Rp140.000 per kilogram jelang Lebaran

id harga daging Mataram,distan mataram,jelang lebaran,idul fitri,lebaran,mataram

Harga daging sapi di Mataram tembus Rp140.000 per kilogram jelang Lebaran

Antusias masyarakat membeli daging untuk menyambut hari kemenangan Idul Fitri 1445 Hijrah/2024 di salah satu pasar tradisional di Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Senin (8/4-2024). (ANTARA/Nirkomala)

Kenaikan harga daging sapi hari ini, karena permintaan meningkat menjelang Lebaran. Kondisi ini terjadi setiap tahun
Mataram (ANTARA) - Harga daging sapi di sejumlah pasar tradisional di Kota Mataram Provinsi Nusa Tenggara Barat pada H-2 Idul Fitri 1445 Hijriah/Lebaran 2024 mencapai Rp140.000 per kilogram.

Berdasarkan pantauan ANTARA di Pasar Dasan Agung dan ACC Ampenan di Mataram, Senin, menunjukkan kenaikan harga daging sapi mencapai Rp140.000 per kilogram mulai hari ini atau H-2 Lebaran 2024.

Harga tersebut naik dibandingkan hari-hari sebelumnya yang sebesar Rp125.000 per kilogram.

"Kenaikan harga daging sapi hari ini, karena permintaan meningkat menjelang Lebaran. Kondisi ini terjadi setiap tahun," kata Baiah salah satu pedagang daging.

Baca juga: Disdag Mataram sebut harga daging sapi naik

Kendati harga daging sapi naik signifikan, namun masyarakat tetap antusias membeli daging sapi sebagai salah satu menu utama saat lebaran nanti.

Halimah (43) salah satu pembeli daging sapi mengatakan, dirinya tidak masalah harus antre lama untuk dapat membeli daging dan meskipun harga naik signifikan.

"Meskipun harga mahal, saya tetap ingin daging menjadi menu utama saat Idul Fitri," katanya.

Baca juga: Harga daging sapi di Lombok Tengah normal menjelang Idul Adha

Daging sapi menjadi pilihan menu utama masyarakat untuk merayakan Idul Fitri yang akan disantap dengan keluarga bersama berbagai menu pendamping khas di daerah ini.

Masyarakat di Kota Mataram biasanya mengolah daging sapi menjadi rendang, kemudian dihidangkan bersama urap, opor, ketupat, "pelalah", bahkan ada juga membuat sate.

Selain harga daging sapi, harga daging ayam broiler juga naik dari Rp38.000 per kilogram menjadi Rp42.000 per kilogram, kenaikan itu juga terjadi karena permintaan meningkat menjelang Lebaran 2024.

Daging ayam juga menjadi salah satu menu utama alternatif bagi masyarakat untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri.

Baca juga: H-1 Idul Fitri harga daging sapi di Kota Mataram naik

Kepala Bidang (Kabid) Peternakan Dinas Pertanian (Distan) Kota Mataram Hj Raihul Jannah sebelumnya mengatakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama Ramadhan hingga Idul Fitri 1445 Hijriah/Lebaran 2024, Distan telah mengeluarkan rekomendasi mendatangkan 263 ton daging beku.

Ia mengatakan sebanyak 263 ton daging beku itu terdiri atas 30 ton daging sapi, 61 ton daging kerbau, dan 173 ton daging ayam. Dengan demikian, kebutuhan daging baik daging segar dan beku di Mataram aman hingga lebaran.

"Pemasukan daging beku di Kota Mataram ini, sekaligus untuk menjaga harga agar tidak naik signifikan," katanya.